Kode Mata Kuliah | BI6096 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Studi Kasus I | Case Study I |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan studi kasus (definisi, tujuan, metodologi)
- Identifikasi dan pemilihan kasus (relevansi dan signifikansi, sumber penentuan studi kasus)
- Pengumpulan data (teknik, instrument, validitas, dan etika dalam pengumpulan data)
- Analisis kasus (teknik analisis data kualitatif, penggunaan software, dan integrase data)
| - Case study introduction (definition, objectives, methodology)
- Identification and selection of cases (relevance and significance, sources of case study determination)
- Data collection (techniques, instruments, validity, and ethics in data collection)
- Case analysis (qualitative data analysis techniques, use of software, and data integration)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Pembaruan Pengetahuan Terus-menerus: mampu secara aktif memperbarui pengetahuan mereka dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan disiplin mereka.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Continuous Knowledge Update: able to actively update their knowledge by keeping up with the latest developments in science and technology relevant to their discipline.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
- Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui referensi buku teks/jurnal
2. Auditorial melalui tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui studi kasus mandiri
Moda Pelaksanaan: Asinkronous | Combining different absorption modes:
1. Visual through textbook/journal references
2. Auditory through questions and answers and discussion
3. Kinesthetic through independent case studies
Execution Mode: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai
1. .Aspek pengetahuan melalui laporan tertulis dan/atau lisan berupa presentasi kepada dosen pembimbing
2. Aspek keterampilan melalui penilaian peforma telaah studi kasus
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess
1. .Aspects of knowledge through written and/or oral reports in the form of presentations to the supervisor
2. Skills aspect through performance assessment by reviewing case studies
3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|