Kode Mata Kuliah | BI5092 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Ujian Komprehensif | Comprehensive Examination |
---|
Bahan Kajian | - Ujian komprehensif pemahaman konsep dasar biologi
- Metode penelitian dalam biologi
- Studi kasus topik khusus dalam biologi
| - Comprehensive exam of understanding of basic biological concepts
- Research methods in biology
- Case studies of special topics in biology
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Kemampuan Analisis Data: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data menggunakan metode statistik dan komputasi yang relevan dengan bidang biologi.
- Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
- Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
- Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
- Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Data Analysis Skills: Students have the ability to collect, process, and analyze data using statistical and computational methods relevant to the field of biology.
- Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
- Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
- Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
- Development of Sustainable Solutions: able to provide solutions that support environmental sustainability and bioindustry, one of which is through the approach of the latest methods in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ujian bersifat luring | Offline exam |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda Pelaksanaan: Sinkron
Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | Combines different modes of absorption:
1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc.
2. Auditorial through material delivery, question and answer, and discussion.
3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis maupun oral
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Conducted in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspect through written and oral tests
2. Skill aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|