Kode Mata Kuliah | SA3102 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Water Resources Engineering and Management / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Rekayasa Sungai | River Engineering |
---|
Bahan Kajian | - R1 Konservasi SDA
- R3 Daya Rusak Air
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R8 Desain
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U5 Pembelajaran sepanjang hayat
- U6 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
| - R1 Water Resources Conservation
- R3 Destructive Power of Water
- R5 Water Resources Construction Management
- R8 Design
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U5 Lifelong learning
- U6 Professional attitude and ethical responsibility
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengaplikasikan prinsip-prinsip rekayasa dalam perencanaan bangunan pengendali gerusan sungai ataupun penanganan proteksi-restorasi sungai
- Membuat presentasi konsep dasar morfologi-dinamika serta perencanaan bangunan sungai secara informatif dan menarik dari segi visual
- Mengaplikasikan etika dan standar professional di bidang sumber daya air dalam memperoleh, melaporkan dan mengalisis data dari sebuah karakteristik sungai seperti morfologi, keseimbangan dinamik, ataupun parameter pembentuk sungai (dasar, aliran, atau sedimen)
- Berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam proses perencanaan bangunan pengendali, proteksi, ataupun restorasi sungai
| - Applying engineering principles in the planning of river erosion control structures or river protection-restoration management.
- Create a presentation of the basic concepts of morphology-dynamics and river building planning in an informative and visually appealing manner.
- Applying ethics and professional standards in the field of water resources in obtaining, reporting and analyzing data from river characteristics such as morphology, dynamic balance, or river formation parameters (bed, flow, or sediment)
- teract productively with colleagues from different disciplines and scientific backgrounds in the planning process of river control, protection or restoration structures.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Studi Kasus, Pembelajaran Kooperatif | Group Discussion, Case Study, Cooperative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri/Kelompok | Mixed, Synchronous and Asynchronous, Independent/Group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis 5%
Tugas Biasa 5%
Tugas Besar 50%
UTS 20%
UAS 20% | Quiz 5%
Ordinary Assignment 5%
Major Assignment 50%
Mid-Term Exam 20%
Final Exam 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|