Kode Mata KuliahGD8104 / 4 SKS
Penyelenggara351 - Geodesy and Geomatics Engineering / FITB
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAkta Sains MaritimActa Maritime Sains
Bahan Kajian
  1. R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
  2. R6 Pemetaan
  3. R9 Kadaster
  4. R11 Sistem Referensi
  5. U1 Komunikasi
  6. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  7. U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
  8. U7 Teknik Penulisan Ilmiah
  1. R3 Sistem Informasi Geografis (SIG)
  2. R6 Pemetaan
  3. R9 Kadaster
  4. R11 Sistem Referensi
  5. Komunikasi U1
  6. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  7. U6 Kewarganegaraan, kebijakan publik
  8. U7 Teknik Penulisan Ilmiah
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dan fungsi kadaster kelautan.
  2. Mahasiswa mampu menganalisis implikasi hukum dari pengelolaan dan penggunaan kadaster kelautan.
  3. Mahasiswa mampu memahami komponen-komponen utama MSDI dan fungsinya dalam pengelolaan data kelautan.
  4. Mahasiswa mampu mengenali berbagai teknologi geospasial yang digunakan dalam kadaster kelautan.
  5. Mahasiswa mampu memilih metode pengumpulan data yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan kondisi lapangan.
  6. Mahasiswa mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung perencanaan dan pengelolaan ruang laut.
  7. Mahasiswa mampu menganalisis kontribusi kadaster kelautan terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan di sektor kelautan.
  8. Mahasiswa mampu menganalisis data kadaster kelautan untuk mendukung penetapan dan pengelolaan MPAs.
  9. Mahasiswa mampu menganalisis tantangan utama dalam pengembangan dan implementasi kadaster kelautan.
  1. Students are able to identify the main components and functions of marine cadastre.
  2. Students are able to analyze the legal implications of managing and using maritime cadastres.
  3. Students are able to understand the main components of MSDI and their function in managing marine data.
  4. Students are able to recognize various geospatial technologies used in marine cadastre.
  5. Students are able to choose appropriate data collection methods based on needs and field conditions.
  6. Students are able to analyze marine cadastre data to support planning and management of marine space.
  7. Students are able to analyze the contribution of marine cadastre to sustainable economic development in the marine sector.
  8. Students are able to analyze marine cadastre data to support the determination and management of MPAs.
  9. Students are able to analyze the main challenges in the development and implementation of marine cadastre.
Metode PembelajaranPembelajaran Berbasis Pengetahuan, Pembelajaran berbasis masalahKnowledge Based Learning, Case-based Learning
Modalitas PembelajaranLuringOffline
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUraian, Esai, Presentasi dan LaporanDescriptions, Essays, Presentations and Reports
Catatan Tambahan