Kode Mata Kuliah | BI5201 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pendekatan Metode Terkini dalam Biologi | Modern Tools in Biological Research |
---|
Bahan Kajian | - Tools : level cell hingga lingkungan
- Anatomi : EM,EF, dll.
- Biodiversitas, cladistic, filogenetic, dll.
- Genomic-transcriptomic PCR, qPCR, dll, GWS.
- Proteomic : FPLC, Electrophoresis, dll.
- Modeling : growth
- Environment : mapping and GIS
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
- Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
- Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
- Pelaporan Dampak Sosial: Mampu menyusun dan menyampaikan bagaimana penelitian mereka berkontribusi pada kebaikan umum termasuk dampaknya terhadap keberlanjutan dan lingkungan.
| - Complex Problem Solving: Students can use a scientific approach to identify, analyze, and solve complex biological problems.
- Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
- Academic Integrity and scientific practice: Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
- Social Impact Reporting: Able to organize and communicate how their research contributes to the common good including its impact on sustainability and the environment.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Learning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Combining different absorption modes:
1. Visual by providing slides with visualizations, images, diagrams, etc.
2. Auditorial through delivery of material, questions and answers, and discussions
3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions
Implementation mode: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E), Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic provisions (System A, AB, B, BC, C, D, E), carried out in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments.
2. Skills aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|