Kode Mata Kuliah | BI5202 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Biologi Sistem | Systems Biology |
---|
Bahan Kajian | - Sistem gen
- Sistem protein
- Sistem metabolit
- Pensinyalan dan Transkriptom
- Bioinformatika
- Matematika sistem biologi dan pemodelan matematika
- Desain sistem biologis
- Sistem populasi
- Topik-topik yang sedang berkembang dalam Biologi Sistem: Tumbuhan, Hewan, Mikroba, Lingkungan
| - Gene system
- Protein system
- Metabolite system
- Signaling and Transcriptome
- Bioinformatic
- Mathematic of Biological system dan Mathematical modeling
- Design of Biological system
- Population system
- Emerging Topics in Systems Biology: Plant, Animal, Microbes, Environment
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
- Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Application of Scientific Method: Students can apply the scientific method systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
- Complex Problem Solving: Students can use a scientific approach to identify, analyze, and solve complex biological problems.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas, Penugasan terstruktur, Kegiatan mandiri, Presentasi | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan:
- Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
- Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
- Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|