Kode Mata Kuliah | BI5203 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Aplikasi Biologi untuk Bioindustri | Applied Biology for Bioindustry |
---|
Bahan Kajian | - Peran biologi dalam industri berkelanjutan
- Teknologi Rekayasa Genetik untuk Bioindustri
- Kultur Jaringan dan Sel dalam Bioindustri
- Mikrobiologi Industri
- Bioproses dan Bioreaktor
- Inovasi dan Pengembangan Produk dalam Bioindustri
- Manajemen dan Operasi dalam Bioindustri
- Teknologi Ramah Lingkungan dalam Bioindustri
- Kebijakan dan Regulasi dalam Bioindustri
- Tren Masa Depan dan Inovasi dalam Bioindustri
| - The role of biology in sustainable industry
- Genetic Engineering Technology for Bioindustry
- Tissue and Cell Culture in the Bioindustry
- Industry Microbiology
- Bioprocessing and Bioreactors
- Innovation and Product Development in Bioindustry
- Management and Operations in Bioindustry
- Eco-friendly Technology in Bioindustry
- Policy and Regulation in Bioindustry
- Future Trends and Innovations in Bioindustry
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Pelaporan Dampak Sosial: Mampu menyusun dan menyampaikan bagaimana penelitian mereka berkontribusi pada kebaikan umum termasuk dampaknya terhadap keberlanjutan dan lingkungan.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
- Development of Sustainable Solutions: able to provide solutions that support environmental sustainability and bioindustry, one of which is through the approach of the latest methods in the field of biology.
- Logical Thinking: Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Social Impact Reporting: Able to organize and communicate how their research contributes to the common good including its impact on sustainability and the environment.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|