Kode Mata KuliahTL4097 / 2 SKS
Penyelenggara153 - Environmental Engineering / FTSL
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPerancangan Teknik LingkunganEnvironmental Engineering Design
Bahan Kajian
  1. Gambaran umum dan khusus Lokasi serta aspek khusus skala nasional dan internasional
  2. Parameter Desain Umum, Kriteria dan Parameter Desain Teknis, parameter limbah prioritas, wilayah pelayanan prioritas, constraints.
  3. Kondisi Lapangan dengan Data Lapangan Primer dan Sekunder
  4. Alternatif-Alternatif Konsep Desain Sistem
  5. Kriteria Seleksi Alternatif dan Analisis Constraints
  6. Desain Teknis Sistem Terpilih Alternatif-Alternatif
  7. Keberlanjutan
  8. Kriteria dan parameter desain teknis
  9. Rencana anggaran biaya sistem terpilih
  1. General and specific description of the location as well as special aspects on a national and international scale
  2. General Design Parameters, Technical Design Criteria and Parameters, priority waste parameters, priority service areas, constraints.
  3. Field Conditions with Primary and Secondary Field Data
  4. Alternative System Design Concepts
  5. Alternative Selection Criteria and Constraints Analysis
  6. Technical Design of Selected Alternative Systems
  7. Continuity
  8. Technical design criteria and parameters
  9. Selected system cost budget plan
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu menghasilkan design teknik lingkungan pada permasalahan yang nyata dengan menggunakan standar dan kriteria yang sesuai.
  2. Mahasiswa dapat menemukan alternatif solusi yang optimal berdasarkan pemasalahan yang ada.
  3. Mahasiswa mampu memilih alternatif terbaik berdasarkan kriteria desain keteknikan.
  4. Mahasiswa mampu mengevaluasi aspek keberlanjutan dan manfaat rekayasa perancangan untuk meningkatkan kualitas lingkungan.
  5. Mahasiswa mampu memahami karakteristik permasalahan dan mampu memilih kriteria desain.
  1. Students are able to produce environmental engineering designs on real problems using appropriate standards and criteria.
  2. Students can find optimal alternative solutions based on existing problems.
  3. Students are able to choose the best alternative based on engineering design criteria.
  4. Students are able to evaluate aspects of sustainability and the benefits of design engineering to improve environmental quality.
  5. Students are able to understand the characteristics of the problem and are able to choose design criteria.
Metode PembelajaranKBL, PBL, SBL, CBLKBL, PBL, SBL, CBL
Modalitas PembelajaranLurin, SinkronOffline, Sychronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUraianEssay
Catatan Tambahan