Kode Mata KuliahBI5113 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahFisiologi Hewan LanjutAdvanced Animal Physiology
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan tentang Fisiologi Hewan Lanjut dan Konsep Homeostasis
  2. Neurofisiologi
  3. Studi Kasus pada Neurofisiologi
  4. Endokrinologi
  5. Simulasi Regulasi Hormonal
  6. Fisiologi Kardiovaskuler
  7. Fisiologi Respirasi
  8. Fisiologi Gastrointestinal
  9. Fisiologi Ginjal
  10. Studi Kasus pada Ginjal dan Gastrointestinal
  11. Fisiologi Integratif dan Komparatif
  1. Introduction to Advanced Animal Physiology and the Concept of Homeostasis
  2. Neurophysiology
  3. Case Study on Neurophysiology
  4. Endocrinology
  5. Simulation of Hormonal Regulation
  6. Cardiovascular Physiology
  7. Respiratory Physiology
  8. Gastrointestinal Physiologists
  9. Kidney Physiology
  10. Renal and Gastrointestinal Case Studies
  11. Integrative and Comparative Physiology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman tingkat lanjut mengenai proses dan mekanisme fisiologis dalam berbagai sistem hewan, termasuk neurofisiologi, endokrinologi, kardiovaskular, pernapasan, ginjal, gastrointestinal, dan fisiologi komparatif.
  2. Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang fisiologi untuk memahami bagaimana berbagai sistem berinteraksi dan mempertahankan homeostasis pada hewan.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan pemahaman terpadu ini untuk menjelaskan adaptasi fisiologis di berbagai lingkungan dan spesies.
  4. Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  5. Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
  6. Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
  7. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan focus studinya.
  1. Students are able to demonstrate an advanced understanding of physiological processes and mechanisms in various animal systems, including neurophysiology, endocrinology, cardiovascular, respiratory, renal, gastrointestinal, and comparative physiology.
  2. Students are able to integrate knowledge from various fields of physiology to understand how various systems interact and maintain homeostasis in animals.
  3. Students are able to apply this integrated understanding to explain physiological adaptations in various environments and species.
  4. Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economics to create innovative solutions.
  5. Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information
  6. Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
  7. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, especially those related to the focus of study.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokClassroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB. (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations. (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspect through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. 2. Skill aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan