Kode Mata Kuliah | BI5212 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Mekanisme Perkembangan Hewan | Mechanism of Animal Development |
---|
Bahan Kajian | - Konsep perkembangan Hewan
- Fertilisasi dan aktivasi sel telur
- Pembelahan awal, siklus sel dan ekualisme
- Blastula, Determiansi dan diferensiasi
- Gastrulasi – pembentukan 3 lapis benih dan expresi gen
- Neurulasi – pembentukan bumbung neural dan sumbu tubuh
- Organogenesis 1 – perkembangan organ turunan ectoderm dan ekspresi gen
- Organogenesis 2 – perkembangan organ turunan mesoderm dan ekspresi gen
- Organogenesis 3 – perkembangan organ turunan endoderm dan ekspresi gen
- Kelainan perkembangan, time sensitive dan ekspresi gen
- Perkembangan pasca lahir dan kelainan genetik
| - Animal development concept
- Fertilization and egg activation
- Early division, cell cycle and equalization
- Blastula, Determiancy and differentiation
- Gastrulation - 3-layer seed formation and gene expression
- Neurulation - formation of neural crest and body axis
- Organogenesis 1 - ectoderm-derived organ development and gene expression
- Organogenesis 2 - mesoderm-derived organ development and gene expression
- Organogenesis 3 - endoderm-derived organ development and gene expression
- Developmental abnormalities, time sensitive and gene expression
- Postnatal development and genetic disorders
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economics to create innovative solutions.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Written Communication Skills: Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology specifically related to the focus of his/her studies.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations. (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspect through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
2. Skill aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|