Kode Mata Kuliah | BI5115 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan | Plant Physiology and Development |
---|
Bahan Kajian | - Air - fungsi mineral dan translokasi: manfaat dan stres
- Rasio Transpirasi dan Efisiensi Penggunaan Air, aplikasi: tanaman anti-Tran spirant
- Fotosintesis: faktor-faktor yang memengaruhi mekanisme dan penerapannya
- Mekanisme Pengangkutan Floem dan Distribusi Fotoasimilat: Alokasi dan Partisi
- Konsep dan Hubungan antara Respirasi dan Metabolisme
- Sinyal Abiotik dan Biotik, Reseptor, dan Transduksi Sinyal: manfaat dan stres
- Konsep dan Hubungan antara Metabolisme, Sinyal, dan Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman
- Implikasi Pertanian dari Fisiologi dan Perkembangan Tanaman: Peran Hormon Tanaman; Fotoperiodisme, Vernalisasi dan Dormansi; Perkembangan Reproduksi, Produktivitas dan Pelestarian Produk; Metabolit Sekunder Tanaman (Produk Alami); Rekayasa Genetika Tanaman untuk Mengembangkan Tanaman dengan Toleransi yang Lebih Tinggi terhadap Stres; Biofortifikasi untuk Memilih dan Mengembangkan Kultivar Tanaman yang Lebih Kaya akan Unsur Hara Mikro; Rekayasa Enzim Pendegradasi Dinding Sel pada Tanaman yang Sedang Tumbuh untuk Menghadirkan Teknologi Bioetanol yang Hemat Biaya
- Terobosan dalam Fisiologi dan Pengembangan Tanaman
| - Water - mineral function and its translocation: benefit and stress
- Transpiration Ratio and Water Use Efficiency, application: plant anti-Tran spirant
- Photosynthesis: factors affecting its mechanism and application
- Mechanism of Phloem Transport and Photoassimilate Distribution: Allocation and Partitioning
- Concept and Connection between Respiration and Metabolism
- Abiotic and Biotic Signal, Receptor, and Signal Transduction: benefit and stress
- Concept and Connection between Metabolism, Signaling and Plant Growth and Development
- Agricultural Implications of Plant Physiology and Development: Role of Plant Hormones; Photoperiodism, Vernalization and Dormancy; Reproductive Development, productivity and product Preservation; Plant Secondary Metabolites (Natural Products); Genetic Engineering of Crops to Develop Crops with Increased Tolerance to Stress; Biofortification for Selecting and Developing Crop Cultivars Denser in Micronutrients; Engineering Cell Wall-degrading Enzymes into Growing Plants to Deliver Cost-effective Bioethanol Technology
- Breakthroughs in Plant Physiology and Development
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif.
- Kemampuan Komunikasi Tulis: Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
- Integritas Akademis dan praktik ilmiah: Mampu menunjukkan standar tinggi terhadap integritas dalam semua aspek penelitian, termasuk kejujuran dalam pengumpulan dan pelaporan data.
| - Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Digital Literacy:Students can use digital tools and online resources to effectively access, manage and present biological information.
- Logical Thinking:Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering scientific problems in biology.
- Critical Thinking:Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking:Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking:Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biological research or case studies.
- Oral Communication Skills:Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in a variety of contexts, including presentations and discussions using visual aids and presentation technology effectively.
- Written Communication Skills:Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
- Academic Integrity and scientific practice:Able to demonstrate high standards of integrity in all aspects of research, including honesty in data collection and reporting.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|