| Kode Mata Kuliah | SR5001 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Visual Art / FSRD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Metode Penelitian Seni Rupa | Art Research Methods |
|---|
| Bahan Kajian | - Definisi penelitian dalam seni rupa, tentang seni rupa dan melalui seni rupa
- Mengenal ragam metode-metode dalam penelitian secara umum
- Mengenai penelitian lapangan (etnografi)
- Teknik wawancara dan observasi
- Seniman sebagai peneliti
| - The Definition of Research in Visual Art, on Visual Art, and through Visual Art
- An Introduction to Various General Research Methods
- On Field Research (Ethnography)
- Interview and Observation Techniques
- The Artist as Researcher
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan dan menafsirkan estetika modern dan postmodern.
- Mampu mengkritik karya seni atau pemikiran mengenai seni.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan, dan sikap.
- Mampu menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah.
- Mampu menunjukkan etika akademik.
- Mampu menyusun laporan akademik sesuai kaidah.
- Mampu memecahkan masalah dalam tim dan bekerja sama secara efektif.
| - Able to Explain and Interpret Modern and Postmodern Aesthetics
- Able to Critique Works of Art or Discourses on Art
- Able to Communicate Effectively in Oral, Written, and Behavioral Presentations
- Able to Prepare and Present Academic Reports in Accordance with Established Conventions
- Able to Demonstrate Academic Ethics
- Able to Prepare Academic Reports in Accordance with Established Conventions
- Able to Solve Problems within a Team and Collaborate Effectively
|
|---|
| Metode Pembelajaran | 1. Ceramah
2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, memberikan umpan balik).
3. Collaborative Learning: Kasus terkait rencana penelitian masing-masing dengan diselingi oleh pemateri tamu yang akan membahas mengenai metode riset dalam seni secara aktual. | 1. Lecture
2. Active Learning (including discussions, collaborative problem-solving, and feedback sessions)
3. Collaborative Learning: Case studies related to each student’s research plan, complemented by guest lecturers who will address current research methodologies in art. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | - Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
- Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
- Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
- Mandiri | "Asynchronous Offline Sessions, Synchronous Online Sessions, and Edunex Learning Management System (LMS)."
"Asynchronous In-Person, Synchronous Online, and Edunex LMS." |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Metode penilaian yang digunakan adalah pengerjaan tugas dan Ujian dalam bentuk penulisan makalah dan presentasi, baik perorangan (UTS) maupun kelompok (UAS). Metode ini efektif untuk mengukur pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah, keterampilan berpikir analitis, kemampuan mengekspresikan ide secara lisan dan Tulisa, serta kemampuan bekerja sama secara efektif dalam tim.
Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran 10%;
(2) Tugas Mandiri (20%);
(3) UTS (Makalah Perorangan) 30%, dan
(4) UAS (Presentasi Kelompok) 40% | The assessment methods consist of assignments and examinations in the form of essay writing and presentations, both individual (Midterm Examination) and group-based (Final Examination). These methods are effective in evaluating students’ understanding of the course material, analytical thinking skills, ability to articulate ideas both orally and in writing, as well as their capacity to collaborate effectively in teams.
Assessment Components:
Attendance – 10%
Individual Assignments – 20%
Midterm Examination (Individual Essay) – 30%
Final Examination (Group Presentation) – 40% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|