Kode Mata KuliahSR2227 / 3 SKS
Penyelenggara170 - Visual Art / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahFotografi SeniArt Photography
Bahan Kajian
  1. Memahami segitiga exposure dan temperature dalam fotografi
  2. Photography as contemporary art
  3. Genre fotografi dalam seni rupa kontemporer
  4. Fotografi sebagai medium berkarya seni
  5. Merancang, membuat, dan memaparkan karya seni fotografi
  1. Understanding the exposure triangle and temperature in photography
  2. Photography as contemporary art
  3. Photography genres in contemporary art
  4. Photography as a medium for creating art
  5. Design, create, and display photographic works of art
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami bahasa dan konsep dasar seni rupa dalam ranah fotografi seni.
  2. Menciptakan karya berdasarkan pengetahuan fotografi seni.
  3. Memahami fotografi secara multi perspektif dan interdisiplin.
  4. Mengonsepsikan persoalan media fotografi serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
  5. Membangun diskusi kritis melalui proyek seni yang berbasis fotografi
  6. Menciptakan karya seni berbasis fotografi dan mampu mempresentasikannya dengan jelas.
  1. Understand the language and basic concepts of fine art in the realm of art photography.
  2. Creating works based on knowledge of art photography.
  3. Understand photography from a multi-perspective and interdisciplinary perspective.
  4. Conceptualize photography media issues and their various relationships with social phenomena
  5. Develop critical discussions through photography-based art projects
  6. Create photography-based artworks and be able to present them clearly.
Metode Pembelajaran1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut.1. Lecture 2. Active learning (discussions, solving problems together, etc.) 3. Simulation 4. Demonstration 5. Case study 6. Field studies 7. Collaborative learning: Cases come from the lecturer and are open ended, but the formation of groups based on interests, group work procedures, determining the time and place of discussion/group work, up to how the results of the discussion/group work are to be assessed by the lecturer, are all determined through mutual consensus among group members 8. Cooperative learning: a group learning method designed by the lecturer to solve a problem/case or carry out an assignment 9. Project-based learning: a systematic learning method, which involves students in learning knowledge and skills through a long and structured search/inquiry process towards authentic and complex questions as well as very carefully designed assignments and products. 10. Problem-based learning: learning by utilizing problems and students must search/excavate information (inquiry) to be able to solve the problem.
Modalitas PembelajaranTatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu / Kelompok Mandiri / TerbimbingFace to face / Online / Hybrid Synchronous / Asynchronous Individual / Group Independent / Guided
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianAbsensi 10%, Tugas 30&, UTS 20%, UAS 40% Konversi Nilai: 100-90="A" 89-80="AB" 79-70="B" 69-60-="BC" 59-40-="C" 39-10="D" 0-9="E"Attendance 10%, Assignments 30&, UTS 20%, UAS 40% Grade Conversion: 100-90="A" 89-80="AB" 79-70="B" 69-60-="BC" 59-40-="C" 39-10="D" 0-9="E"
Catatan Tambahan