Kode Mata Kuliah | SA3213 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Water Resources Engineering and Management / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Proteksi dan Restorasi Rawa dan Pesisir | Lowland and Coastal Protection and Restoration |
---|
Bahan Kajian | - S2 Fisika
- S3 Kimia
- R3 Daya Rusak Air
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R7 Risiko dan Ketidakpastian
- R8 Desain
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
- U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
| - S2 Physics
- S3 Chemistry
- R3 Destructive Power of Water
- R5 Water Resources Construction Management
- R7 Risk and Uncertainty
- R8 Design
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
- U4 Teamwork and Leadership
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan konsep perlindungan pantai untuk memilih alternatif desain bangunan air di rawa dan pantai seperti groin, jetty, dan breakwater, termasuk hybrid engineering berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya dengan batasan yang realistis di dunia maya
- Mendeskripsikan situasi yang berkaitan dengan konflik ekosistem, ekologis, serta konsep pembangunan proteksi dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional
- Memahami masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau faktor ekonomi dalam solusi penanganan daya rusak air terhadap rawa serta pantai
| - Applying the concept of coastal protection to select alternative designs for water structures in swamps and beaches such as groins, jetties, and breakwaters, including hybrid engineering based on predetermined criteria with realistic limitations in cyberspace.
- Describe situations related to ecosystem and ecological conflicts, as well as the concept of protection development and act in accordance with ethics and professional standards.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Simulasi dan Bermain Peran, Studi Kasus, Pembelajaran berbasis proyek | Group Discussion, Simulation and Role Play, Case Studies, Project Based Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan asinkron, Mandiri dan kelompok | Mixed, Synchronous and asynchronous, Independent and group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 30%
UAS 30%
Kuis 20%
Tugas Mandiri/Kelompok 20% | Mid-term exam 30%
Final exam 30%
Quiz 20%
Independent/Group assignment 20% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|