| Kode Mata Kuliah | SR6101 / 5 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Visual Art / FSRD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Proyek Seni IV | Art Project IV |
|---|
| Bahan Kajian | - Pengantar tentang Idiom, konteks dan medium
- Kajian dan diskusi tentang latarbelakang berkarya
- Menjelaskan tentang pokok permasalahan dan tujuan berkarya
- Penjelasan tentang metode berkarya yang berbasis penelitian atau berkarya sebagai penelitian
- Menentukan ilmu seni dan diluar seni sebagai landasan teori dalam berkarya
- Memilih seniman pembanding secara visual atau konseptual
- Merumuskan gagasan berkarya dengan landasan teori yang tepat
- Membahas media, teknik dan presentasi
- Membahas tentang proyek pameran
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Unsur Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK )
- Mampu memahami Idiom, konteks dan medium yang dipraktekan dalam karya seni
- Mampu merumuskan masalah memiliki tujuan dan metode berkarya yang berbasis riset atau menjadikan proyek karya seni sebagai riset
- Mampu memilih dna menentukan landasan teori yang benar dengan rukukan seniman yang tepat
- Mampu membangun gagasan berkarya secara filosofis dengan konsep dan teori yang tepat yang dituangkan ke dalam tulisan pengantar berkarya
- Mampu membuat karya seni dengan teknis dan medium yang baik dan benar
- Mampu mempresentasikan gagasan dan proses berkarya secara lisan dengan baik
- Mampu menyelenggarakan pameran secara kelompok atau tunggal di ruang publik
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Perkuliahan dilakukan dalam bentuk tutorial dan diskusi (asistensi) dan presentasi.Tutorial diberikan dalam rangka memberi bekal pengetahuan dan teori kepada mahasiswa sekaligus penjelasan tentang tugas yang akan mereka buat. Pemberian materi kuliah dilakukan secara langsung di kelas. Di akhir semester mahasiswa diwajibkan berpameran di luar kampus guna memberikan pengalaman yang berharga. Pengerjaan tugas dilakukan secara mandiri di studio atau di rumah dengan proses asisten dan evaluasi secara langsung dan berkala setiap minggu. UTS dan UAS dilakukan melalui presentasi dengan mengumpulkan tulisan terlebih dahulu.
Absensi dilakukan melalui situs resmi SIX | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | - Tatap muka: pembelajaran berlangsung terutama secara luring tatap muka (Face-to-Face) secara terjadwal di lokasi kampus.
- Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
- Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
- Mandiri | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Komponen Penilaian:
(1) Kehadiran dan keaktifan di kelas 10%;
(2) Tugas (50%);
(3) UTS (10%);
(4) UAS (10%);
Pameran (20%). | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|