Kode Mata KuliahBW3131 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Forestry Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKebijakan KehutananPolicy of Forestry
Bahan Kajian
  1. Ruang lingkup, sejarah kebijakan kehutanan di Indonesia dan Internasional
  2. Landasan Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Hutan, Proses Pembuatan Kebijakan dan Prosedur Analisis Kebijakan, Prosedur Pembentukan Peraturan dan Perundang-undangan di Indonesia
  3. Pengurusan Hutan di Indonesia
  4. Analisis Isi dan Telaahan Kasus Kebijakan Pengurusan Hutan di Indonesia
  1. Scope and history of forestry policy in Indonesia and internationally
  2. Basis of Forest Resource Management Policy, Policy Making Process and Policy Analysis Procedures, Regulation and Legislation Formation Procedures in Indonesia
  3. Forest Management in Indonesia
  4. Content Analysis and Case Study Review of Forest Management Policies in Indonesia
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan dengan menggunakan metode yang sesuai
  2. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan pelaksanaan kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan
  3. Mampu memilih perangkat yang efektif dan efisien yang digunakan dalam praktik pelaksanaan kebijakan pengelolaan sumberdaya hutan
  1. Able to identify and formulate problems and objectives to be achieved in the implementation of forest resource management policies using appropriate methods
  2. Able to analyze data and information, find solutions to problems, and discover new methods in solving problems in the implementation of forest resource management policies
  3. Able to select effective and efficient tools used in the practice of implementing forest resource management policies
Metode PembelajaranProses belajar di kelas: kombinasi ceramah, presentasi dan debat Penugasan terstruktur: Analisis Isi Kebijakan dan Studi Kasus Kebijakan Kegiatan Mandiri; Studi LiteraturClassroom learning process: a combination of lectures, presentations, and debates Structured assignments: Policy Content Analysis and Policy Case Studies Independent activities: Literature Study
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mengumpulkan literatur, mengidentifikasi, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption capacity: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Synchronous and Asynchronous Independent: collecting literature, identifying, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) dengan komponen penilaian terdiri dari Ujian Akhir Semester 25% Ujian Tengah Semester 25% Tugas Kelompok 15% Tugas Individu 15% Presentasi 10% Partisipasi aktif 10%Letter grade standards and grade index according to ITB academic regulations (A, AB, B, BC, C, D, E system) with assessment components consisting of Final Exam 25% Midterm Exam 25% Group Assignments 15% Individual Assignments 15% Presentation 10% Active Participation 10%
Catatan Tambahan