Kode Mata KuliahBW3206 / 3 SKS
Penyelenggara115 - Rekayasa Kehutanan / SITH
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengolahan Bioproduk Hutan (P)Forest Bioproduct Processing (P)
Bahan Kajian
  1. Pengenalan tentang jenis bioproduk hutan yang diperoleh dari sumber daya hutan, baik kayu maupun non kayu.
  2. Klasifikasi dan karakterisasi bioproduk hutan berupa biomaterial, biokimia, biofuel and bioenergi.
  3. Teknologi konversi biomassa hutan menjadi bioproduk.
  4. Aplikasi dan teknologi terbaru bioproduk hutan.
  1. An introduction to the types of forest bioproducts obtained from forest resources, both timber and non-timber.
  2. Classification and characterization of forest bioproducts in the form of biomaterials, biochemicals, biofuels, and bioenergy.
  3. Technology for converting forest biomass into bioproducts.
  4. Applications and the latest technology for forest bioproducts.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menerapkan ilmu matematika, biosain dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
  2. Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
  3. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
  4. Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan.
  1. Able to apply mathematics, bioscience and information technology to gain a comprehensive understanding of forest engineering principles.
  2. Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of forestry engineering principles.
  3. Able to identify and formulate problems and objectives to improve tree productivity through tree improvement programs using appropriate methods.
  4. Able to work together in groups according to the tasks and expertise given with full awareness and sincerity.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/laboratorium/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiriClassroom/laboratories/field learning process; independent/group structured assignments; independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahamanAbsorption ability: Visual; Auditory; Kinesthetic Execution ability: Synchronous and Asynchronous Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian tertulis, kuis dan tugas Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E)Written exams, quiz and assignments Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E)
Catatan Tambahan