Kode Mata Kuliah | BW3206 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Rekayasa Kehutanan / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengolahan Bioproduk Hutan (P) | Forest Bioproduct Processing (P) |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan tentang jenis bioproduk hutan yang diperoleh dari sumber daya hutan, baik kayu maupun non kayu.
- Klasifikasi dan karakterisasi bioproduk hutan berupa biomaterial, biokimia, biofuel and bioenergi.
- Teknologi konversi biomassa hutan menjadi bioproduk.
- Aplikasi dan teknologi terbaru bioproduk hutan.
| - An introduction to the types of forest bioproducts obtained from forest resources, both timber and non-timber.
- Classification and characterization of forest bioproducts in the form of biomaterials, biochemicals, biofuels, and bioenergy.
- Technology for converting forest biomass into bioproducts.
- Applications and the latest technology for forest bioproducts.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan ilmu matematika, biosain dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
- Mampu menerapkan ilmu kehutanan dan rekayasa untuk mendapatkan pemahaman komprehensif tentang prinsip-prinsip rekayasa kehutanan.
- Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan dan tujuan yang ingin dicapai pada aspek rekayasa hutan dengan menggunakan metode yang sesuai.
- Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan.
| - Able to apply mathematics, bioscience and information technology to gain a comprehensive understanding of forest engineering principles.
- Able to apply forestry science and engineering to gain a comprehensive understanding of forestry engineering principles.
- Able to identify and formulate problems and objectives to improve tree productivity through tree improvement programs using appropriate methods.
- Able to work together in groups according to the tasks and expertise given with full awareness and sincerity.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/laboratorium/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri | Classroom/laboratories/field learning process; independent/group structured assignments; independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption ability: Visual; Auditory; Kinesthetic
Execution ability: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian tertulis, kuis dan tugas
Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Written exams, quiz and assignments
Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|