| Kode Mata Kuliah | SR5209 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 270 - Visual Art / FSRD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Sosiologi Seni II | Sociology of Art II |
|---|
| Bahan Kajian | - Pengertian Sosiologi Seni
- Sosiologi Seni, Infrastruktur dan Permasalahannya
- Sosiologi Seni dan Masyarakat Tradisi
- Sosiologi Seni, Sejarah dan Periodisasi
- Sosiologi Seni Pendidikan dan Modernisasi
- Sosiologi Seni , Seniman dan Karya Seni
- Sosiologi Seni, Kritikus/Kurator dan Pameran
- Sosiologi Seni, Kolektor, Pasar dan Art dealer
- Sosiologi Seni, Propaganda Politik dan Kekuasaan
- Sosiologi Seni Internalisasi Budaya
- Sosiologi Seni Eksternalisasi Budaya
- Sosiologi Seni dan Transformasi Budaya
- Sosiologi Seni dan Teknologi
- Sosiologi Seni dan Wacana Keilmuan
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu teori-teori seni , sosiologi seni, modern s/d seni kontemporer di Indonesia maupun global
- Mahasiswa mampu memahami permasalahan dalam infrastruktur Sosiologi Seni di Indonesia
- Mahasiswa mampu mengkritik karya seni atau pemikiranfilsafat mengenai seni dalam kebudayaan
- Mahasiswa mampu Memperjelas cara berkomunikasi yang efektif dalam mempresentasikan pemikiran dan permasalahan sosiologi SEni di Indonesia dan pengaruh dari global
- Mahasiswa mampu berkomunikasi yang efektif dalam presentasi secara lisan, tulisan dan sikap
- Mahasiswa mampu menyusun dan mempresentasikan laporan tugas akademik sesuai dengan kaidah
- Mahasiswa menunjukan etika akademik menunjukan keinginann belajar terus menerus
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu iklusifitas
- Mahasiswa mampu mempertajam amatan terhadap isu-isu lingkungan ekologi dan lingkungan hidup
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Metode yang dipergunakan pada mata kuliah ini adalah
Ceramah
collaborative learning antar Mahasiswa
Pembelajaran aktif melakukan diskusi dalam menanggapi berbagai macam masalah yang terkait seni, Filsafat dan Kebudayaan .
Memadukan antara metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi,
Tatap Muka : pembelajaran langsung saat diskusi dan bimbingan
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
Mandiri | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Tatap Muka : pembelajaran langsung saat diskusi dan bimbingan
Asinkron: Pemanfaatan LMS Edunex (daring, asinkronik) yang memfasilitasi penyampaian dan pengelolaan konten. LMS digunakan untuk mengelola materi, penilaian dan tugas, dan melacak kemajuan mahasiswa.
Individu / Kelompok: Tugas dan Ujian (UTS dan UAS) diberikan baik sebagai tugas perorangan (individu) maupun Kelompok.
Mandiri. | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Nilai Akhir = 20 % Kuis + 10% Kehadiran + 10% Kerjasama+ 30% UTS (berupa analisis teks) + 30% UAS (refleksi praktik seni masing-masing dikaitkan dengan SRK)
UTS berupa ujian tertulis bersifat perorangan dan take home test berupa analisis teks. Mahasiswa diberikan sebuah bahan bacaan terkait SRK di Asia dan kemudian diminta menuliskan tanggapan.
UAS berupa essay perorangan dan take home test. Ujian Akhir Semester berupa analisi reflektif mengenai praktik dan riset masing-masing dikaitkan dengan isu SRK, pergeseran paradigma dan globalisasi.
Tugas berupa tanggapan atau amatan terhadap materi kuliah lapangan. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|