Kode Mata KuliahBW3242 / 2 SKS
Penyelenggara115 - Forestry Engineering / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTeknik AgroforestriAgroforestry Technique
Bahan Kajian
  1. Sistem dan praktik agroforestri di zona tropis: klasisfikasi sistem agroforestri, distribusi sistem agroforestri, teknik-teknik agroforestri di zona tropis.
  2. Produktifitas, proteksi pada sistem agroforestri: prinsip umum produktifitas tanaman agroforestri, jenis-jenis pohon multiguna, interaksi antar elemen agroforestri, efek pohon pada sistem agroforestri, peran pohon pada siklus nutrisi dan bahan organik tanah pada sistem agroforestri, peran agroforestri sebagai model konservasi tanah dan air
  3. Disain dan evaluasi sistem agroforestri: metode diagnosis dan disain agroforestri, eksperimen-eksperimen lapang agroforestri, riset lapang agroforestri, dan evaluasi sistem agroforestri
  4. Agroforestri zona temperata, konservasi biodiversitas: model-model agroforestri zona temperate, konservasi dan biodiversitas pada lanskap agroforestri, peran agroforestri dalam perubahan iklim global, dan membangun agroforestri lestari dan pemanfaatan teknologi dalam sistem kelola lahan sempit.
  1. Agroforestry systems and practices in tropical zones: classification and distribution of agroforestry systems, agroforestry techniques in tropical zones.
  2. Productivity and protection in agroforestry systems: general principles of agroforestry crop productivity, types of multipurpose trees, interactions among agroforestry elements, effects of trees on agroforestry systems, the role of trees in the cycle of nutrients and soil organic matter in agroforestry systems, the role of agroforestry as a model of soil and water conservation.
  3. Design and evaluation of agroforestry system: agroforestry diagnosis and design methods, agroforestry field experiments and research, and agroforestry system evaluation.
  4. Temperate zone agroforestry, biodiversity conservation: temperate zone agroforestry models, conservation and biodiversity in agroforestry landscapes, the role of agroforestry in global climate change, developing sustainable agroforestry, and technology utilization in narrow land management systems
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu merancang peningkatkan produktivitas agroforestri dengan mempertimbangkan aspek ekologi, ekonomi dan sosial secara lestari.
  2. Mampu merencanakan rancangan eksperimen lapangan untuk memecahkan permasalahan agroforestri sebagai bagian dari rekayasa hutan.
  3. Mampu menganalisis data dan informasi, menemukan solusi permasalahan dan menemukan metode baru dalam penyelesaian permasalahan sistem kelola lahan agroforestri.
  1. Able to design agroforestry productivity improvement by considering ecological, economic, and social aspects in a sustainable.
  2. Able to plan field experiment designs to solve agroforestry problems as part of forest engineering
  3. Able to analyze data and information, find problem solutions, and new methods for solving problems in agroforestry land management systems.
Metode PembelajaranTatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas KelompokLecture, Individual Assignment, Group Assignment
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Sinkron dan AsinkronVisual, Auditorial, Synchronous, and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianNilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D dan E)Letter grade (A, AB, B, BC, C, D dan E)
Catatan Tambahan