Kode Mata Kuliah | BW3231 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Forestry Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Perhutanan Sosial | Social Forestry |
---|
Bahan Kajian | - Model-model pengelolaan hutan berbasiskan masyarakat yang mampu mendukung pengelolaan hutan secara berkelanjutan
- Perancangan model Perhutanan Sosial berkelanjutan
| - Community-based forest management models that can support sustainable forest management
- Designing a sustainable Social Forestry model
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu membangun dan mempertahankan kekompakan kelompok melalui komunikasi efektif dan saling menghormati perbedaan adat istiadat dan budaya
- Mampu menerapkan prinsip-prinsip keberagaman dan inklusi dalam kolaborasi kelompok untuk mencapai tujuan bersama dalam pengembangan pengelolaan hutan berbasis masyarakat secara berkelanjutan
- Mampu bekerja dengan profesionalisme tinggi dalam menyelesaikan permasalahan pengelolaan hutan berbasis masyarakat dengan menggunakan prinsip dan teknik rekayasa kehutanan
- Mampu menunjukkan sikap integritas dan tanggung jawab dalam setiap aspek pekerjaan mereka, meliputi kejujuran dalam pelaporan, disiplin dalam mengikuti jadwal, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas
- Mampu mengidentifikasi dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan IPTEK dalam konteks pengelolaan hutan berbasis masyarakat, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal
- Mampu mengembangkan keterampilan IPTEK secara autodidak maupun melalui belajar bersama, guna mendukung pengelolaan hutan berbasis masyarakat secara efektif
| - Able to build and maintain group cohesiveness through effective communication and mutual respect for differences in customs and cultures
- Able to apply the principles of diversity and inclusion in group collaboration to achieve common goals in developing sustainable community-based forest management
- Able to work with high professionalism in solving community-based forest management problems using forestry engineering principles and techniques
- Able to demonstrate an attitude of integrity and responsibility in every aspect of their work, including honesty in reporting, discipline in following schedules, and responsibility in carrying out tasks
- Able to identify and implement appropriate learning strategies to improve understanding and skills in science and technology in the context of community-based forest management, both through formal and non-formal education
- Able to develop science and technology skills independently or through collaborative learning to support effective community-based forest management.
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas Kelompok | Face to Face, Independent Assignments, Group Assignments |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, Auditorial, Sinkron, Asinkron | Visual, Auditory, Synchronous, Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Sistem Nilai Huruf (A, AB, B, BC, C, D, E) | Letter Grading System (A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|