Kode Mata Kuliah | BW4101 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 115 - Forestry Engineering / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Manajemen Kawasan Konservasi | Conservation Area Management |
---|
Bahan Kajian | - Konsep manajemen dan konservasi sumberdaya hayati : konsep manajemen, pengertian kawasan konservasi, sejarah konservasi, katagori dan nilai kawasan konservasi, inventarisasi keragaman hayati
- Sistem pengelolaan kawasan konservasi : sistem konservasi kawasan, pengelolaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi, faktor-faktor dalam pengelolaan kawasan konservasi, kenitraan, kelembagaan, pendanaan kawasan konservasi
- Perancangan pengelolaan kawasan konservasi : Desain kawasan konservasi, model-model evaluasi, perancangan kawasan konservasi, rencana pengelolaan kawasan konservasi
| - Concept of management and conservation of biological resources: management concepts, definition of conservation areas, history of conservastion, catagories and values of conservation areas, inventory of biological diversity
- Conservation area management system : area conservation system, community management in and around conservation areas, factors in conservation area management,partnership, institutions, conservation area funding
- Conservation area management design : conservation area design, evaluation models, conservation area management plan
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu merencanakan rancangan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan untuk memecahkan permasalahan aspek rekayasa hutan.
- Mampu bekerja sama dalam kelompok sesuai dengan tugas dan keahlian yang diberikan dengan penuh kesadaran dan kesungguhan.
- Mampu menjaga kekompakan kelompok dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan adat istiadat dan budaya.
| - Able to plan laboratory and/or field experimental design to solve problems in forest engineering aspects
- Able to work together in groups according to the task and expertise given with awareness and seriousness
- Able to maintain group cohesion by respecting each other and appreciating differences in customs and culture
|
---|
Metode Pembelajaran | Tatap Muka, Tugas Mandiri, Tugas Kelompok | Classroom learning, independent task, group task |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron
Mandiri: mencari informasi, mengidentifikasi informasi yang penting, mencatat, mengorganisasi, mengelaborasi, meringkas, dan memantau pemahaman | Absorption power: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Implementation power: Synchronous and Asynchronous
Independent: searching for information, identifying important information, taking notes, organizing, elaborating, summarizing, and monitoring understanding |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|