Kode Mata KuliahBI5110 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetode EkologiEcological Methods
Bahan Kajian
  1. Teknik sampling dan desain penelitian dibidang ekologi
  2. Konsep populasi, komunitas, dan niche
  3. Metode pencuplikan data untuk hewan dan tumbuhan tertentu
  4. Metode analisis dan interpretasi data
  5. Metode penyajian data
  6. Preservasi sampel yang diperoleh dari studi ekologi
  1. Sampling techniques and research design in the field of ecology
  2. Population, community and niche concepts
  3. Data sampling methods for certain animals and plants
  4. Data analysis and interpretation methods
  5. Data presentation method
  6. Preservation of samples obtained from ecological studies
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Penerapan Konsep dalam Penelitian: Mahasiswa mampu menerapkan teori dan konsep biologi dalam merancang serta dalam menganalisis hasil penelitian tersebut.
  3. Literasi Digital: Mahasiswa dapat menggunakan alat digital dan sumber daya online untuk mengakses, mengelola, dan menyajikan informasi biologi secara efektif.
  4. Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
  5. Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
  6. Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
  2. Application of Concepts in Research: Students are able to apply biological theories and concepts in designing and analyzing the results of the research.
  3. Digital Literacy: Students can use digital tools and online resources to access, manage, and present biological information effectively.
  4. Application of Scientific Methods: Students can apply scientific methods systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
  5. Complex Problem Solving: Students can use scientific approaches to identify, analyze, and solve complex biological problems.
  6. Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan