Kode Mata KuliahBI5119 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPemodelan EkologiEcological Modeling
Bahan Kajian
  1. Teori sistem
  2. Pendekatan analisis ekosistem
  3. Metoda dan teknik analisis ekosistem
  4. Teori pemodelan
  5. Analisis dan pemodelan interaksi dalam ekosistem
  6. Simulasi analisis struktur ekosistem
  7. Proses dan jasa ekosistem
  8. Evaluasi model
  9. Perkembangan terkini dalam pemodelan ekologi
  1. Systems theory
  2. Ecosystem analysis approach
  3. Ecosystem analysis methods and techniques
  4. Modeling theory
  5. Analysis and modeling of interactions in ecosystems
  6. Simulation of ecosystem structure analysis
  7. Ecosystem processes and services
  8. Model evaluation
  9. Recent developments in ecological modeling
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Penerapan Metode Ilmiah: Mahasiswa dapat menerapkan metode ilmiah secara sistematis dalam penyelidikan dan analisis fenomena biologi.
  2. Desain Eksperimen: Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang eksperimen biologi yang valid dan reliable, termasuk pemilihan sampel, kontrol, dan variabel.
  3. Penerapan Teknologi dalam Penelitian: Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi terkini untuk mengumpulkan data, mengolahnya, dan menyajikan temuan secara efektif.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  6. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
  1. Application of Scientific Methods: Students can apply scientific methods systematically in the investigation and analysis of biological phenomena.
  2. Experimental Design: Students have the ability to design valid and reliable biological experiments, including sample selection, controls and variables.
  3. Application of Technology in Research: Students are able to utilize the latest technology to collect data, process it, and present findings effectively.
  4. Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, especially those related to the focus of study.
  6. Proactive in Learning and Innovation: Able to show proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokLearning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments. - Aspects of skills through presentation (rubric) - Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan