Kode Mata Kuliah | BI5001 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biologi / SITH |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Biologi Sel lanjut | Advanced Cell Biology |
---|
Bahan Kajian | - Struktur Membran
- Membran transport dari molekul kecil
- Kompartemen intraseluler dan protein sorting
- Intraseluler vesikular trafik
- Konversi energi
- Komunikasi sel
- Sitoskelet
- Siklus sel dan apoptosis
- Analisa hasil penelitian di SITH dan perkembangan ilmu biologi sel terkini yang dikaitkan dengan topik biologi sel
| - Membrane Structure
- Transport membrane of small molecules
- Intracellular compartments and protein sorting
- Intracellular vesicular trafficking
- Energy conversion
- Cell communication
- Cytoskelets
- Cell cycle and apoptosis
- Analysis of research results in SITH and the latest developments in cell biology related to cell biology topics.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
- Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
- Mahasiswa mampu menulis laporan, makalah, dan dokumen lain dengan struktur yang baik dan gaya bahasa yang tepat untuk menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens yang dituju.
| - Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
- Students are able to use strong logic and reasoning in deciphering biological scientific problems.
- Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own and others' work, including evaluation of methodology, conclusions, and relevance of data.
- Students can analyze and arrange biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
- Students continue to update or apply the latest knowledge in the field of biology and technology, especially those related to the focus of their studies.
- Students showed high initiative in finding new learning resources, enthusiasm in discussing and discussing the latest knowledge in biology.
- Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively.
- Students are able to write reports, papers, and other documents with good structure and appropriate language style to convey information effectively to the intended audience.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | Classroom/field learning process; Independent/group structured assignments; Group independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Moda penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Moda pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Conducted in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|