Kode Mata KuliahSA4113 / 2 SKS
Penyelenggara158 - Water Resources Engineering and Management / FTSL
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRekayasa Tenaga AirHydro Power Engineering
Bahan Kajian
  1. R2 Pendayagunaan SDA
  2. R4 Sistem Informasi SDA
  3. R5 Manajemen Konstruksi SDA
  4. R6 Ekonomi Teknik
  5. R7 Risiko dan Ketidakpastian
  6. R8 Desain
  7. R9 Keberlanjutan
  8. U1 Komunikasi
  9. U2 Berpikir kritis, Penyelesaian Masalah, Pengambilan Keputusan
  10. U3 Literasi Data dan Analisis
  11. U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
  12. U5 Pembelajaran sepanjang hayat
  13. U6 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
  1. R2 Utilization of Water Resources
  2. R4 Water Resources Information System
  3. R5 Water Resources Construction Management
  4. R6 Engineering Economics
  5. R7 Risk and Uncertainty
  6. R8 Design
  7. R9 Sustainability
  8. U1 Communication
  9. U2 Critical Thinking, Problem Solving, Decision Making
  10. U3 Data Literacy and Analysis
  11. U4 Teamwork and Leadership
  12. U5 Lifelong learning
  13. U6 Professional attitude and ethical responsibility
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menerapkan batasan-batasan yang ada dalam desain penentuan sistem run-of-river hydropower ataupun penggunaan turbin dan menyesuaikan desain yang dibuat dengan batasan yang ada
  2. Memahami situasi yang berkaitan dengan konflik kepentingan dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional dalam proses uji kelayakan fasilitas tenaga air
  3. Kemampuan untuk berinteraksi secara produktif dengan rekan kerja dari disiplin dan latar belakang ilmu yang berbeda dalam penentuan perencanaan sebuah fasilitas tenaga air
  4. Memahami masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi faktor dalam menemukan solusi permasalahan pembangunan infrastruktur tenaga air seperti penggunaan lahan, alokasi air, penurunan kualitas air, serta peminjaman dana pembangunan
  1. Applying the existing limitations in the design of determining the run-of-river hydropower system or the use of turbines and adjusting the design made to the existing limitations.
  2. Understand situations related to conflicts of interest and act in accordance with ethics and professional standards in the process of testing the feasibility of hydropower facilities.
  3. the ability to interact productively with colleagues from different disciplines and scientific backgrounds in determining the planning of a hydropower facility
  4. Understanding social, cultural, environmental and/or economic factors in finding solutions to hydropower infrastructure development problems such as land use, water allocation, water quality degradation, and borrowing development funds.
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok, Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kolaboratif, Pembelajaran Berbasis ProyekGroup Discussion, Simulation, Case Study, Collaborative Learning, Project Based Learning
Modalitas PembelajaranBauran, Sinkron dan Asinkron, Berkelompokixed, Synchronous and Asynchronous, Grouped
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS 30% UAS 30% Tugas Mandiri 10% Tugas Besar 30%Midterm Exam 30% Final Exam 30% Independent Assignment 10% Major Assignment 30%
Catatan Tambahan