Kode Mata KuliahSR2121 / 3 SKS
Penyelenggara170 - Visual Art / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMonolit, Instalasi, dan SpasialMonoliths, Installations, and Spatial
Bahan Kajian
  1. Memahami konsep "monolit" yang tidak hanya mengacu pada objek atau struktur yang besar, solid, dan seringkali terbuat dari satu bahan atau bagian yang utuh. Namun juga mengeksplorasi konsep-konsep modern, baik dari segi bahan, bentuk, maupun makna.
  2. Memahami metode penggabungan berbagai elemen fisik dan non-fisik yang melibatkan ruang secara tiga dimensi untuk menciptakan pengalaman yang menyeluruh.
  3. Pemahaman spasial dalam karya seni rupa tiga dimensi melibatkan eksplorasi mendalam tentang bagaimana ruang digunakan, dirasakan, dan dialami
  4. eksplorasi berbagai jenis medium yang dapat digunakan untuk menjabarkan pengalaman medium, ruang dan instalasi
  5. Menciptakan karya seni berdasarkan pemahaman monolit, instalasli dan spasial
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Memahami monolit, instalasi, dan spasial sebagai gubahan seni.
    2. Memahami medium yang digunakan sebagai salah satu medium seni
    3. Memahami sejarah dan perkembangan karya seni tiga dimensi secara multi perspektif dan interdisiplin.
    4. Mengonsepsikan persoalan monolit, instalasi, dan spasial dalam karya serta berbagai hubungannya dengan fenomena sosial
    5. Menulis laporan rencana dan perkembangan penciptaan karya secara kritis melalui analisis studi kasus sejumlah referensi karya terkait.
    6. Menciptakan karya seni menggunakan pemahaman monolit, instalasi, dan spasial secara kritis
      Metode Pembelajaran1. Ceramah 2. Active learning (diskusi, memecahkan soal bersama, dll.) 3. Simulasi 4. Demonstrasi 5. Studi kasus 6. Studi lapangan 7. Pembelajaran kolaboratif: Kasus berasal dari dosen dan bersifat open ended, tetapi pembentukan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok, penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan melalui konsensus bersama antar anggota kelompok 8. Pembelajaran kooperatif: metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas 9. Pembelajaran berbasis projek: metode belajar yang sistematis, yang melibatkan mahasiswa dalam belajar pengetahuan dan keterampilan melalui proses pencarian/penggalian (inquiry) yang panjang dan terstruktur terhadap pertanyaan yang otentik dan kompleks serta tugas dan produk yang dirancang dengan sangat hati-hati. 10. Pembelajaran berbasis masalah: belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan pencarian/penggalian informasi (inquiry) untuk dapat memecahkan masalah tersebut.
      Modalitas PembelajaranTatap muka / Daring / Bauran Sinkron / Asinkron Individu Mandiri / Terbimbing
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianAbsensi (10%), UTS berupa penulisan makalah (40%), UAS presentasi kelompok (50%)
      Catatan Tambahan