Kode Mata KuliahEP4002 / 2 SKS
Penyelenggara180 - Electrical Power Engineering / STEI
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahProposal Perancangan dan SeminarDesign Project Proposal and Seminars
Bahan Kajian
  1. Pengenalan konsep desain rekayasa
  2. Identifikasi permasalahan
  3. Menentukan batasan dan kriteria desain sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku
  4. Mengusulkan alternatif solusi
  5. Penulisan Proposal Perancangan
  1. Introduction to engineering design concepts
  2. Problem identification
  3. Determine design constraints and criteria in accordance with applicable standards and regulations
  4. Proposing solution alternatives
  5. Writing Design Proposals
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami konsep matematika, rekayasa, dan sains terkait objek desain.
  2. Mampu menganalisis dan memodelkan objek desain dalam bidang ketenagalistrikan.
  3. Mampu menentukan tujuan desain dan batasan-batasan yang terkait, meliputi standar teknis, peraturan yang berlaku, dan batasan lainnya, seperti budaya, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
  4. Mampu melaporkan hasil desain secara lisan dan tulisan.
  5. Mampu menggali tren dan perkembangan terkini terkait objek desain.
  6. Mampu membuat rencana kerja dan memiliki komitmen untuk melaksanakannya.
  7. Mampu membuat prosedur eksperimen dan pengumpulan data terkait dengan objek desain secara mandiri atau dalam suatu tim.
  8. Mampu melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur yang telah disusun secara mandiri atau dalam suatu tim.
  9. Mampu menganalisis dan mengambil kesimpulan hasil desain dari berbagai alternatif solusi sesuai dengan kriteria desain yang digunakan.
  10. Mampu memanfaatkan berbagai perangkat yang mendukung pelaksanaan proses desain.
  1. Understanding the concept of mathematics, engineering, and science related to design objects.
  2. Able to analyze and model the design objects in the power engineering field.
  3. Able to define design objectives and related constraints, including technical standards, relevant regulations, and other constraints, such as cultural, social, environmental, and economic constraints.
  4. Able to report design results verbally and in writing.
  5. Able to explore the latest trends and developments related to design objects.
  6. Able to make work plans and have a commitment to carry them out.
  7. Able to create experimental procedures and collect data related to design objects independently or in a team.
  8. Able to carry out experiments independently or in a team according to prepared procedures.
  9. Able to analyze and draw conclusions from design results from various alternative solutions following the design criteria used.
  10. Able to utilize various tools that support the implementation of the design process.
Metode PembelajaranProject-based studyProject-based study
Modalitas PembelajaranLuring SinkronSynchronous Offline
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianProposal, Seminar, Final Test, TaskProposal, Seminar, Final Test, Task
Catatan Tambahan