Kode Mata KuliahBI5211 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkologi TerestrialTerrestrial Ecology
Bahan Kajian
  1. Kondisi lingkungan bumi (iklim, geologi dan tanah)
  2. Neraca air dan energi
  3. Input dan proses produksi karbon, dekomposisi
  4. Siklus nutrisi
  5. Dinamika trofik
  6. Efek spesies pada proses-proses ekosistem
  7. Dinamika temporal, heterogenitas dan dinamika bentang alam,
  8. Aplikasi konsep ekologi pada telaah problem lingkungan terkini
  9. Pengelolaan ekosistem yang berkelanjutan.
  1. Earth's environmental conditions (climate, geology and soil)
  2. Water and energy balance
  3. Inputs and processes of carbon production, decomposition
  4. Nutrient cycle
  5. Trophic dynamics
  6. Effects of species on ecosystem processes
  7. Temporal dynamics, heterogeneity and landscape dynamics,
  8. Application of ecological concepts to the study of current environmental problems
  9. Sustainable ecosystem management.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Mahasiswa mampu mengambil keputusan yang informasinya didukung oleh analisis data ilmiah yang solid.
  3. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  4. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  5. Responsif terhadap Tren Baru: mampu untuk cepat menanggapi dan mengintegrasikan tren baru dalam ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  6. Proaktif dalam Belajar dan Inovasi: Mampu menunjukkan inisiatif proaktif dalam belajar dan bereksperimen dengan ide-ide dan teknologi baru dalam bidang biologi.
  1. Understanding of Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to their focus of study in detail and accurately.
  2. Data Driven Decision Making: Students are able to make informed decisions supported by solid scientific data analysis.
  3. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from the discipline of biology with other disciplines such as technology, social, and economic to create innovative solutions.
  4. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  5. Responsive to New Trends: able to quickly respond to and integrate new trends in science and technology, particularly those related to their field of study
  6. Proactive in Learning and Innovation: Able to demonstrate proactive initiative in learning and experimenting with new ideas and technologies in the field of biology.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokIn-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. - Skill aspect through presentation (rubric) - Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity.
Catatan Tambahan