Kode Mata KuliahBI5117 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPersinyalan dan Interaksi MikrobaSignaling and Microbial Interaction
Bahan Kajian
  1. Signalling dan komunikasi mikroba
  2. Kompetisi, parasitisme, amensalisme, sinergisme dan mutualisme
  3. Signalling dan komunikasi antara mikroba dengan tanaman dalam aspek negatif
  4. Bentuk-bentuk asosiasi positif antara mikroba dengan tanaman
  5. Signalling dan komunikasi antara mikroba dengan hewan
  6. Pathogen dan intoksikasi
  1. Microbial communication and signalling
  2. Competition, parasitism, amensalism, synergism and mutualism
  3. Signalling and communication between microbes and plants in negative aspects
  4. Forms of positive associations between microbes and plants
  5. Signalling and communication between microbes and animals
  6. Pathogens and intoxication
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa dapat mengerti dan memahami konsep, mekanisme dan fenomena-fenomena interaksi antar mikroba serta mahluk hidup tingkat tinggi.
  2. Mahasiswa memahami dampak interaksi mikroba dengan kehidupan manusia dan lingkungan
  3. Mahasiswa memiliki kemampuan komunikasi dan bekerjasama dalam tim
  1. Students are able to understand and grasp the concepts, mechanisms and phenomena of interactions between microbes and higher living things.
  2. Students understand the impact of microbial interactions with human life and the environment
  3. Students have communication and teamwork skills
Metode PembelajaranCeramah Diskusi kelompok Pembelajaran berbasis Masalah/Studi KasusLecture Group discussion Problem-based Learning/Case Study
Modalitas PembelajaranMenggabungkan berbagai moda penyerapan: 1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb. 2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi 3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusiCombines different modes of absorption: 1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc. 2. Auditorial through material delivery, question and answer, and discussion. 3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianDilakukan secara terpadu untuk menilai: 1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. 2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) 3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasConducted in an integrated manner to assess: 1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments. 2. Skill aspect through presentation (rubric) 3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan