Kode Mata Kuliah | BI5117 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Persinyalan dan Interaksi Mikroba | Signaling and Microbial Interaction |
---|
Bahan Kajian | - Signalling dan komunikasi mikroba
- Kompetisi, parasitisme, amensalisme, sinergisme dan mutualisme
- Signalling dan komunikasi antara mikroba dengan tanaman dalam aspek negatif
- Bentuk-bentuk asosiasi positif antara mikroba dengan tanaman
- Signalling dan komunikasi antara mikroba dengan hewan
- Pathogen dan intoksikasi
| - Microbial communication and signalling
- Competition, parasitism, amensalism, synergism and mutualism
- Signalling and communication between microbes and plants in negative aspects
- Forms of positive associations between microbes and plants
- Signalling and communication between microbes and animals
- Pathogens and intoxication
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat mengerti dan memahami konsep, mekanisme dan fenomena-fenomena interaksi antar mikroba serta mahluk hidup tingkat tinggi.
- Mahasiswa memahami dampak interaksi mikroba dengan kehidupan manusia dan lingkungan
- Mahasiswa memiliki kemampuan komunikasi dan bekerjasama dalam tim
| - Students are able to understand and grasp the concepts, mechanisms and phenomena of interactions between microbes and higher living things.
- Students understand the impact of microbial interactions with human life and the environment
- Students have communication and teamwork skills
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus | Lecture
Group discussion
Problem-based Learning/Case Study |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | Combines different modes of absorption:
1. Visual through the provision of slides with visualizations, pictures, diagrams, etc.
2. Auditorial through material delivery, question and answer, and discussion.
3. Kinesthetic through active participation in class in the form of presentations and discussions |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Conducted in an integrated manner to assess:
1. Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
2. Skill aspect through presentation (rubric)
3. Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|