Kode Mata Kuliah | SA4214 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Water Resources Engineering and Management / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Konservasi Air dan Lahan | Soil and Water Conservation |
---|
Bahan Kajian | - R1 Konservasi SDA
- R3 Daya Rusak Air
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R7 Risiko dan Ketidakpastian
- R9 Keberlanjutan
| - R1 Conservation of water resources
- R3 Destructive Power of Water
- R5 Water Resources Construction Manageme
- R7 Risk and Uncertainty
- R9 Sustainability
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mengaplikasikan prosedur desain seperti penentuan upaya struktural Konservasi air dan tanah
- Menilai situasi yang berkaitan dengan konflik kepentingan dan bersikap sesuai dengan etika dan standar professional dalam menanggapi permasalahan penggunaan air-lahan, pengaruh globalisasi, ataupun perubahan iklim global
- Memahami pengetahuan dan metodologi terkait literasi data dan literasi digital dalam menentukan faktor pengaruh erosi serta model perhitungan erosi yang digunakan
- Menguasai masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi faktor dalam penentuan evaluasi lahan ataupun klasifikasi kesesuaian-kemampuan lahan
| - Applying design procedures such as determining structural efforts Water and soil conservation
- Assess situations related to conflicts of interest and act in accordance with ethical and professional standards in responding to issues of land-water use, the impact of globalization, or global climate change.
- Understanding the knowledge and methodology related to data literacy and digital literacy in determining erosion influencing factors and the erosion calculation models used.
- Mastering social, cultural, environmental and/or economic factors in determining land evaluation or land suitability classification
|
---|
Metode Pembelajaran | Simulasi, Studi Kasus, Pembelajaran Kooperatif, Kuliah lapangan/kuliah tamu | Simulation, Case Studies, Cooperative Learning, Field Lectures/Guest Lectures |
---|
Modalitas Pembelajaran | Bauran, Sinkron dan Asinkron, Mandiri dan Kelompok | Mixed, Synchronous and Asynchronous, Independent and Group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS 35%
UAS 35%
Kuis 10%
Tugas Mandiri/Kelompok 10%
Presensi dan makalah kuliah lapangan/kuliah tamu 10% | Midterm 35%
Final Examination 35%
Quiz 10%
Independent/Group Tasks 10%
Presence and field lecture papers/guest lectures 10% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|