Kode Mata Kuliah | BI6111 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Dinamika Ekosistem Hutan | Forest Ecosystem Dynamics |
---|
Bahan Kajian | - Pentingnya hutan
- Struktur dan komposisi hutan
- Gangguan dan suksesi hutan
- Siklus biogeokimia di hutan
- Aliran energi di ekosistem hutan
- Interaksi spesies dalam ekosistem hutan
- Metode lapangan dalam ekologi hutan
- Jasa ekosistem hutan
| - Importance of forests
- Forest structure and composition
- Forest disturbance and sucession
- Biogeochemical cycles in forests
- Energy flow in forest ecosystems
- Species interaction in forest ecosystems
- Field methods in forest ecology
- Forest ecosystem services
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
- Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
- Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif
- Kolaborasi Tim: Mahasiswa efektif dalam bekerja dalam tim, menunjukkan kemampuan untuk berkontribusi, mendengarkan, dan mengintegrasikan ide dari anggota tim lain untuk mencapai tujuan bersama dan memastikan bahwa kerja tim tetap produktif..
| - Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from biological disciplines with other disciplines such as technology, social and economics to create innovative solutions.
- Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
- Sustainable Solution Development: able to provide solutions that support environmental and bioindustry sustainability, one of which is through the latest method approaches in the field of biology.
- Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Oral Communication Skills: Students are able to convey ideas and information clearly and effectively in various contexts, including presentations and discussions by using visual aids and presentation technology effectively
- Team Collaboration: Students are effective at working in teams, demonstrating the ability to contribute, listen, and integrate ideas from other team members to achieve common goals and ensure that teamwork remains productive.
|
---|
Metode Pembelajaran | Proses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompok | In-class learning process; Independent/group structured assignments; Independent group activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Sinkron dan Asinkron | Absorption modes: Visual; Auditorial; Kinesthetic
Mode of implementation: Synchronous and Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Performed in an integrated manner to assess:
- Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, midterms, final exams, and independent/group assignments.
- Skill aspect through presentation (rubric)
- Attitude aspect through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|