Kode Mata KuliahBI6211 / 2 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkologi KonservasiConservation Ecology
Bahan Kajian
  1. Konsep dasar ekologi konservasi
  2. Pola biodiversitas global
  3. Destruksi habitat dan isu lingkungan global
  4. Konservasi populasi, komunitas, dan ekosistem
  5. Perencanaan dan strategi konservasi
  6. Teknologi dan inovasi konservasi
  7. Pengelolaan dalam konservasi
  8. Praktek-praktek konservasi (studi kasus)
  9. Tantangan konservasi masa depan
  1. Basic concepts of conservation ecology
  2. Global biodiversity patterns
  3. Habitat destruction and global environmental issues
  4. Conservation of populations, communities and ecosystems
  5. Conservation planning and strategies
  6. Conservation technology and innovation
  7. Management in conservation
  8. Conservation practices (case studies)
  9. Future conservation challenges
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Integrasi Pengetahuan: Mahasiswa mampu mengintegrasikan pengetahuan dari disiplin biologi dengan disiplin lain seperti teknologi, sosial, dan ekonomi untuk menciptakan solusi yang inovatif.
  2. Kepekaan terhadap Isu Keanekaragaman Hayati: mampu menunjukkan pentingnya keanekaragaman hayati dalam keberlanjutan kehidupan dan berusaha komitmen terhadap konservasi dan restorasinya.
  3. Pengembangan Solusi Berkelanjutan: mampu memberikan solusi yang mendukung keberlanjutan lingkungan dan bioindustri salah satunya melalui pendekatan metode terkini di bidang biologi.
  4. Analisis Kuantitatif: Mahasiswa mampu melakukan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik yang tepat untuk menginterpretasi hasil eksperimen.
  5. Pemecahan Masalah Kompleks: Mahasiswa dapat menggunakan pendekatan saintifik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah biologi yang kompleks.
  6. Kemampuan Interpretasi Data: Mahasiswa mampu menginterpretasi data dari eksperimen atau studi kasus dan menarik kesimpulan yang didukung oleh bukti.
  7. Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  1. Knowledge Integration: Students are able to integrate knowledge from biological disciplines with other disciplines such as technology, social and economics to create innovative solutions.
  2. Sensitivity to Biodiversity Issues: able to demonstrate the importance of biodiversity in the sustainability of life and strive for commitment to its conservation and restoration.
  3. Sustainable Solution Development: able to provide solutions that support environmental and bioindustry sustainability, one of which is through the latest method approaches in the field of biology.
  4. Quantitative Analysis: Students are able to carry out quantitative data analysis using appropriate statistical methods to interpret experimental results.
  5. Complex Problem Solving: Students can use scientific approaches to identify, analyze, and solve complex biological problems.
  6. Data Interpretation Ability: Students are able to interpret data from experiments or case studies and draw conclusions that are supported by evidence.
  7. Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
Metode PembelajaranProses belajar dalam kelas/lapangan; Tugas terstruktur mandiri/kelompok; Kegiatan mandiri kelompokLearning process in the classroom/field; Independent/group structured assignments; Group independent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : Sinkron dan AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok. - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasAbsorption: Visual; Auditory; KinestheticStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: - Knowledge aspects through written tests in the form of quizzes, UTS, UAS, and independent/group assignments. - Aspects of skills through presentation (rubric) - Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan