Kode Mata KuliahBI5192 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudi Mandiri BiologiBiology Independent Study
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan studi mandiri biologi
  2. Pemilihan topik studi biologi
  3. Metodologi penelitian dalam biologi
  4. Penggunaan sumber daya (kepustakaan ilmiah, perangkat lunak untuk analisis, instrument visualisasi data)
  5. Proyek/penelitian mandiri dan penulisan karya ilmiah
  1. Introduction to biology independent study
  2. Selection of biology study topics
  3. Research methodology in biology
  4. Use of resources (scientific literature, software for analysis, data visualization instruments)
  5. Independent projects/research and writing scientific papers
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  3. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  6. Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  7. Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa secara rutin merefleksikan pengalaman belajar mereka, menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan terutama pada saat penelitian.
  8. Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
  1. Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
  2. Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
  3. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
  4. Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
  6. Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
  7. Continuous Reflection: Students regularly reflect on their learning experiences, analyzing what worked and what needs to be improved especially during research.
  8. Learning Initiative: Students show high initiative in looking for new learning resources, enthusiastic in discussing and discussing the latest knowledge in the field of biology.
Metode PembelajaranKegiatan mandiriIndependent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui penelitian mandiri - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) atau diskusi dosen pembimbing penelitian - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: - Aspects of knowledge through independent learning - Skills aspects through presentations (rubrics) or discussions by research supervisors - Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan