Kode Mata Kuliah | BI5193 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Studi Mandiri Bioinformatika | Bioinformatics Independent Study |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan studi mandiri bioinformatika
- Pemilihan topik studi bioinformatika
- Dasar-dasar bioinformatika (basis data biologis, alat, dan perangkat lunak bioinformatika)
- Pengumpulan dan analisis data (Teknik pengumpulan data sekuens, alignment, analisis filogenetik, analisis ekspresi gen, atau data microarray)
- Pemodelan dan simulasi biologis
| - Introduction to bioinformatics self-study
- Selection of bioinformatics study topics
- Bioinformatics basics (biological databases, tools and bioinformatics software)
- Data collection and analysis (Sequence data collection techniques, alignment, phylogenetic analysis, gene expression analysis, or microarray data)
- Biological modeling and simulation
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa secara rutin merefleksikan pengalaman belajar mereka, menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan terutama pada saat penelitian.
- Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
| - Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
- Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
- Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
- Continuous Reflection: Students regularly reflect on their learning experiences, analyzing what worked and what needs to be improved especially during research.
- Learning Initiative: Students show high initiative in looking for new learning resources, enthusiastic in discussing and discussing the latest knowledge in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Asinkron | Absorption: Visual; Auditory; Kinesthetic
Implementation capacity: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
- Aspek pengetahuan melalui pembelajaran mandiri
- Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) atau diskusi dosen pembimbing penelitian
- Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess:
- Aspects of knowledge through independent learning
- Skills aspects through presentations (rubrics) or discussions by research supervisors
- Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|