Kode Mata KuliahBI5193 / 3 SKS
Penyelenggara206 - Biology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudi Mandiri BioinformatikaBioinformatics Independent Study
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan studi mandiri bioinformatika
  2. Pemilihan topik studi bioinformatika
  3. Dasar-dasar bioinformatika (basis data biologis, alat, dan perangkat lunak bioinformatika)
  4. Pengumpulan dan analisis data (Teknik pengumpulan data sekuens, alignment, analisis filogenetik, analisis ekspresi gen, atau data microarray)
  5. Pemodelan dan simulasi biologis
  1. Introduction to bioinformatics self-study
  2. Selection of bioinformatics study topics
  3. Bioinformatics basics (biological databases, tools and bioinformatics software)
  4. Data collection and analysis (Sequence data collection techniques, alignment, phylogenetic analysis, gene expression analysis, or microarray data)
  5. Biological modeling and simulation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
  2. Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
  3. Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
  4. Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
  5. Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
  6. Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
  7. Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa secara rutin merefleksikan pengalaman belajar mereka, menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan terutama pada saat penelitian.
  8. Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
  1. Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
  2. Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
  3. Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
  4. Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
  5. Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
  6. Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
  7. Continuous Reflection: Students regularly reflect on their learning experiences, analyzing what worked and what needs to be improved especially during research.
  8. Learning Initiative: Students show high initiative in looking for new learning resources, enthusiastic in discussing and discussing the latest knowledge in the field of biology.
Metode PembelajaranKegiatan mandiriIndependent activities
Modalitas PembelajaranDaya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik Daya pelaksanaan : AsinkronAbsorption: Visual; Auditory; Kinesthetic Implementation capacity: Asynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianStandar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E). Dilakukan secara terpadu untuk menilai: - Aspek pengetahuan melalui pembelajaran mandiri - Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik) atau diskusi dosen pembimbing penelitian - Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitasStandard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E). Carried out in an integrated manner to assess: - Aspects of knowledge through independent learning - Skills aspects through presentations (rubrics) or discussions by research supervisors - Attitude aspects through activeness, honesty/plagiarism, and creativity
Catatan Tambahan