Kode Mata Kuliah | BI5198 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 206 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Studi Mandiri Mikrobiologi | Microbiology Independent Study |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan studi mandiri biologi mikrobiologi
- Pemilihan topik studi mikrobiologi (kriteria pemilihan topik dan review litelatur)
- Dasar-dasar mikrobiologi (struktur, fungsi, metabolisme, pertumbuhan, teknik identifikasi, dan klasifikasi mikroba)
- Teknik-teknik dalam penelitian mikrobiologi (metode kultur mikroba dan isolasi, Teknik pewarnaan dan mikroskopi, uji biokimia dan molekuler, dll)
- Penggunaan alat dan perangkat lunak untuk analisis data mikrobiologi (BioNumerics, MEGA, dll)
| - Introduction to microbiology biology independent study
- Selection of microbiology study topics (topic selection criteria and literature review)
- Basics of microbiology (structure, function, metabolism, growth, identification techniques, and classification of microbes)
- Techniques in microbiology research (microbial culture and isolation methods, staining and microscopy techniques, biochemical and molecular tests, etc.)
- Use of tools and software for microbiological data analysis (BioNumerics, MEGA, etc.)
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat.
- Pemikiran Logis: Mahasiswa mampu menggunakan logika dan penalaran yang kuat dalam menguraikan masalah-masalah keilmuan biologi.
- Pemikiran Kritis: Mahasiswa mampu menilai kekuatan dan kelemahan argumen ilmiah, baik dalam karya sendiri maupun orang lain, termasuk evaluasi metodologi, kesimpulan, dan relevansi data.
- Pemikiran Sistematis: Mahasiswa dapat menganalisis dan menyusun komponen atau proses biologi menjadi sebuah sistem yang terorganisir untuk pemahaman yang lebih baik.
- Pemikiran Kreatif: Mahasiswa menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan solusi atau gagasan inovatif dalam penelitian atau studi kasus biologi.
- Adaptasi dengan Perubahan dan Penerapan Ilmu Terkini: Mahasiswa terus memperbarui atau menerapkan pengetahuan terkini di bidang biologi dan teknologi khususnya yang terkait dengan fokus studinya.
- Refleksi Berkelanjutan: Mahasiswa secara rutin merefleksikan pengalaman belajar mereka, menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan terutama pada saat penelitian.
- Inisiatif Belajar: Mahasiswa menunjukkan inisiatif yang tinggi dalam mencari sumber belajar baru, antusias dalam berdiskusi dan membahas pengetahuan terkini dalam bidang biologi.
| - Understanding Theoretical Concepts: Students can explain biological concepts and theories related to the focus of their studies in detail and accurately.
- Logical Thinking: Students are able to use logic and strong reasoning in explaining biological scientific problems.
- Critical Thinking: Students are able to assess the strengths and weaknesses of scientific arguments, both in their own work and in others, including evaluating methodology, conclusions, and relevance of data.
- Systematic Thinking: Students can analyze and organize biological components or processes into an organized system for better understanding.
- Creative Thinking: Students demonstrate the ability to generate innovative solutions or ideas in biology research or case studies.
- Adaptation to Changes and Application of Latest Knowledge: Students continue to update or apply the latest knowledge in the fields of biology and technology, especially those related to their study focus.
- Continuous Reflection: Students regularly reflect on their learning experiences, analyzing what worked and what needs to be improved especially during research.
- Learning Initiative: Students show high initiative in looking for new learning resources, enthusiastic in discussing and discussing the latest knowledge in the field of biology.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kegiatan mandiri | Independent activities |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daya penyerapan: Visual; Auditorial; Kinestetik
Daya pelaksanaan : Asinkron | Absorption: Visual; Auditory; Kinesthetic
Implementation capacity: Asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Standar nilai huruf dan nilai indeks sesuai ketentuan akademik ITB (Sistem A, AB, B, BC, C, D, E) | Standard letter grades and index grades according to ITB academic regulations (System A, AB, B, BC, C, D, E) |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|