Kode Mata Kuliah | DS6204 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 271 - Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Metode Penelitian Desain | Methods for Design Research |
---|
Bahan Kajian | - Modus Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Mixed)
- Strategi Penelitian bidang Desain – about/for/through
- Ragam Pendekatan Penelitian bidang Desain
- Proposal Penelitian: Struktur dan Konten
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa dapat memahami pengelolaan kegiatan penelitian
1.1 Mampu menjelaskan perbedaan modus penelitian kualitatif, kuantitatif, dan/atau campuran (mixed) dengan sistematis (dimensi 2.4 explain)
1.2 Mampu merumuskan topik penelitian, menyatakan permasalahan penelitian, dan menetapkan arah penelitian secara mandiri (dimensi 2.5 assess)
1.3 Mampu menyusun argumen yang melatari munculnya permasalahan dan arah penelitian dengan baik (dimensi 2.6 plan)
- Mahasiswa dapat merencanakan kaji literatur, sistematika dan prosedur penelitian
2.1 Mampu melakukan kaji literatur menggunakan sumber referensi hasil pencarian dengan baik (dimensi 2.5 assess)
2.2 Mampu menyajikan hasil kaji literatur dalam bentuk tulisan yang tersusun dengan baik (dimensi 2.5 assess)
2.2 Mampu merancang prosedur operasional pelaksanaan penelitian secara sistematis (dimensi 2.6 plan)
- Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian yang sesuai dengan format yang ditetapkan
2.3 Mampu merencanakan program penelitian secara mandiri (dimensi 2.6 plan)
2.4 Mampu menyusun proposal penelitian secara lengkap (dimens 3.6 compose)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | 60% Pembelajaran Kelas (classroom) dan 40% Pembelajaran Kontekstual (contextual learning) berbasis tugas praktika (practice-based assigment) | |
---|
Modalitas Pembelajaran | 60% luring dan 40% bauran/hybrid | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | • Kehadiran. 5%
• Partisipasi. 5%
• Tugas (4 buah, @12,5%) 50%
• Ujian Tengah Semester 20%
• Ujian Akhir Semester 20% | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|