Kode Mata KuliahKI5071 / 3 SKS
Penyelenggara248 - Chemistry Teaching / FMIPA
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetodologi Pengajaran KimiaChemistry Teaching Methodology
Bahan Kajian
  1. Penjelesan kuliah, latar belakang dan kaitannya dengan guru yang berkualitas.
  2. Kompetensi standard Kimia SMA, silabus Kimia SMA.
  3. Peta konsep, rancangan mengajar.
  4. Presentasi dan telaah peta konsep dan rencana pengajaran oleh mahasiswa.
  5. Membuat soal ujian.
  6. Presentasi dan telaah soal ujian.
  7. Konsultasi untuk penyelesaian tugas pembuatan materi ajar dan soal ujian.
  1. Lecture and background explanation, and their relevance to high-quality teaching.
  2. Standard competencies for high school chemistry, high school chemistry syllabus
  3. Concept maps, lesson plans.
  4. Presentation and review of concept maps and lesson plans by students
  5. Creating exam questions
  6. Presentation and review of exam questions
  7. Consultation for completing the creation of teaching materials and exam questions.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengimplementasikan konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah kimia.
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam Pengajaran Kimia.
  3. Menyelesaikan permasalahan Kimia dalam Pengajaran dengan mengintegrasikan konsep dasar kimia.
  4. Merancang peta konsep materi ajar kimia.
  5. Menyusun materi ajar kimia.
  6. Merancang materi eksperimen sesuai dengan peta konsep kimia.
  7. Menyusun modul ekperimen dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan laboratorium.
  8. Menelusuri dan menyeleksi informasi dengan menggunakan teknologi informasi
  9. Mengkompilasi dan mengevaluasi informasi kimia yang diperoleh
  10. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara lisan di berbagai forum.
  11. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara visual.
  12. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara tulisan.
  13. Menerapkan kaidah etika yang berlaku dalam kegiatan keilmuan.
  14. Mengedukasi masyarakat tentang kimia secara bertanggung jawab dan beretika.
  1. Implementing chemistry concepts to solve chemistry problems.
  2. Identifying issues in chemistry teaching.
  3. Solving chemistry problems in teaching by integrating basic chemistry concepts.
  4. Designing concept maps for chemistry teaching materials.
  5. Preparing chemistry teaching materials.
  6. Designing experimental materials according to chemistry concept maps.
  7. Developing experiment modules with attention to laboratory safety and security aspects.
  8. Searching for and selecting information using information technology.
  9. Compiling and evaluating the obtained chemistry information.
  10. Communicating scientific information orally in various forums.
  11. Communicating scientific information visually.
  12. Communicating scientific information in writing.
  13. Applying applicable ethical principles in scientific activities.
  14. Educating the public about chemistry responsibly and ethically.
Metode PembelajaranDiskusi interaktif.Interactif discussions.
Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron Daring, SinkronOffline, Synchronous Online, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKomponen utama penilaian adalah materi ajar dan soal-soal yang dihasilkan, serta penilaian saat presentasi. Pengajar dapat memilih jenis tugas dan penekaan materi pada aspek yang lain sesuai kondisi dan kebutuhan mahasiswa saat kuliah ini diberikan.The main components of the assessment are the teaching materials and the exam questions produced, as well as the evaluation during presentations. The instructor may select the types of assignments and emphasize different aspects of the material based on the conditions and needs of the students during the course.
Catatan Tambahan