Kode Mata Kuliah | SA4101 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 158 - Water Resources Engineering and Management / FTSL |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan | Sustainable Water Resources Management |
---|
Bahan Kajian | - R1 Konservasi SDA
- R2 Pendayagunaan SDA
- R3 Daya Rusak Air
- R4 Sistem Informasi SDA
- R5 Manajemen Konstruksi SDA
- R6 Ekonomi Teknik
- R9 Keberlanjutan
- U1 Komunikasi
- U4 Kerjasama Tim dan Kepemimpinan
- U5 Pembelajaran Sepanjang Hayat
- U6 Sikap profesional dan tanggung jawab etik
- U7 Kewarganegaraan, kebijakan publik
| - R1 Water Resources Conservation
- R2 Utilization of Water Resources
- R3 Destructive Power of Water
- R4 Water Resources Information System
- R5 Water Resources Construction Management
- R6 Engineering Economics
- R9 Sustainability
- U1 Communication
- U4 Teamwork and Leadership
- U5 Lifelong Learning
- U6 Professional attitude and ethical responsibility
- U7 Citizenship, public policy
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menguasai tata bahasa yang baik, membuat presentasi yang informatif, serta melakukan argumentasi yang didukung dengan bukti.
- Menerapkan sikap sesuai dengan etika dan standar profesional dan memperlakukan orang lain dengan hormat dan tidak diskriminatif.
- Menguasai komunikasi secara produktif dengan rekan kerja.
- Memahami isu-isu kontemporer dalam pengelolaan sumber daya air berkelanjutan.
- Memahami peran serta dalam membangun SDA yg berkelanjutan
- Memahami tentang Peraturan dan Perundang undangan Sumber Daya Air
- Menilai masalah sosial, budaya, lingkungan dan atau ekonomi, serta peraturan perundang-undangan dalam solusi pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.
| - Mastering good grammar, making informative presentations, and making arguments supported by evidence.
- Implementing attitudes in accordance with professional ethics and standards and treating others with respect and non-discrimination.
- Mastering productive communication with coworkers.
- Understanding contemporary issues in sustainable water resources management.
- Understanding the role in building sustainable natural resources
- Understanding Water Resources Regulations and Legislation
- Assess social, cultural, environmental and/or economic issues, as well as laws and regulations in sustainable water resource management solutions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi Kelompok, Simulasi dan Bermain Peran, Studi Kasus, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kunjungan lapangan | Group Discussion, Simulation and Role Play, Case Studies, Project Based Learning, Problem Based Learning, Field Visits |
---|
Modalitas Pembelajaran | Daring/luring, Sinkron/asinkron, Kelompok | Online/offline, Synchronous/asynchronous, Group |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis 10%
Tugas Biasa 10%
Tugas Besar 10%
UTS 35%
UAS 35% | Quiz 10%
Ordinary Assignment 10%
Major Assignment 10%
Mid-Term Exam 35%
Final Exam 35% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|