Kode Mata KuliahKI6096 / 2 SKS
Penyelenggara248 - Chemistry Teaching / FMIPA
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSeminar Proyek Akhir dan SidangSeminar and Master Examination
Bahan Kajian
  1. Kompetensi standar Kimia SMA, silabus Kimia SMA.
  2. Peta konsep, rancangan mengajar.
  3. Presentasi dan telaah peta konsep dan rencana pengajaran oleh mahasiswa, permasalahan di lapangan pekerjaan.
  4. Membuat laporan proyek.
  5. Presentasi dan telaah laporan proyek.
  6. Konsultasi untuk penyelesaian tugas pembuatan laporan dan presentasi berupa seminar dan sidang.
  1. Standard competencies for high school chemistry, high school chemistry syllabus.
  2. Concept maps, teaching plans.
  3. Presentation and review of concept maps and teaching plans by students, issues in the workplace.
  4. Creating project reports.
  5. Presentation and review of project reports.
  6. Consultation for completing report and presentation tasks in the form of seminars and examinations.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengimplementasikan konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah kimia.
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam Pengajaran Kimia.
  3. Menyelesaikan permasalahan Kimia dalam Pengajaran dengan mengintegrasikan konsep dasar kimia.
  4. Merancang peta konsep materi ajar kimia.
  5. Menyusun materi ajar kimia.
  6. Merancang materi eksperimen sesuai dengan peta konsep kimia.
  7. Menyusun modul ekperimen dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan laboratorium.
  8. Menelusuri dan menyeleksi informasi dengan menggunakan teknologi informasi.
  9. Mengkompilasi dan mengevaluasi informasi kimia yang diperoleh.
  10. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara lisan di berbagai forum.
  11. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara visual.
  12. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara tulisan.
  13. Menerapkan kaidah etika yang berlaku dalam kegiatan keilmuan.
  14. Mengedukasi masyarakat tentang kimia secara bertanggung jawab dan beretika.
  1. Implementing chemical concepts to solve chemistry problems.
  2. Identifying issues in chemistry teaching.
  3. Solving chemistry teaching problems by integrating basic chemistry concepts.
  4. Designing concept maps for chemistry teaching materials.
  5. Preparing chemistry teaching materials.
  6. Designing experiment materials according to chemistry concept maps.
  7. Preparing experiment modules with attention to laboratory safety and security aspects.
  8. Tracing and selecting information using information technology.
  9. Compiling and evaluating obtained chemical information.
  10. Communicating scientific information verbally in various forums.
  11. Communicating scientific information visually.
  12. Communicating scientific information in writing.
  13. Applying ethical principles in scientific activities.
  14. Educating the public about chemistry responsibly and ethically.
Metode PembelajaranDiskusi interaktif.Interactive discussions.
Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron Daring, SinkronOffline, Synchronous Online, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKomponen utama penilaian adalah materi ajar dan soal-soal yang dihasilkan, serta penilaian saat presentasi (seminar dan sidang). Pengajar dapat memilih jenis proyek dan penekaan materi pada aspek yang lain sesuai kondisi dan kebutuhan mahasiswa saat kuliah ini diberikan. Penilaian Kuliah dilakukan oleh tim penguji dalam bentuk angka dengan acuan A=>85; AB=78-84; B = 70-77; BC=65-69 dan C= 60-64. Hasil penilain akhir merupakan rata-rata dari seminar dan sidang magisterThe main components of the assessment are the teaching materials and the questions produced, as well as the evaluation during the presentations (seminars and examinations). Instructors can choose the type of project and emphasize different aspects of the material according to the conditions and needs of the students when this course is given. The course assessment is conducted by an examination team in the form of numerical grades with the following scale: A => 85; AB = 78-84; B = 70-77; BC = 65-69; and C = 60-64. The final assessment result is the average of the seminar and master's examination scores.
Catatan Tambahan