Kode Mata KuliahKI6091 / 2 SKS
Penyelenggara248 - Chemistry Teaching / FMIPA
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRancangan Proyek AkhirFinal Project Design
Bahan Kajian
  1. Diskusi dengan dosen Pembimbing
  2. Seminar Rancangan Proyek Akhir
  3. Laporan Rancangan Proyek
  1. Discussion with Supervisor
  2. Final Project Design Seminar
  3. Final Project Design Report
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mengimplementasikan konsep-konsep kimia untuk menyelesaikan masalah kimia.
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam Pengajaran Kimia
  3. Menyelesaikan permasalahan Kimia dalam Pengajaran dengan mengintegrasikan konsep dasar kimia.
  4. Merancang peta konsep materi ajar kimia.
  5. Menyusun materi ajar kimia.
  6. Merancang materi eksperimen sesuai dengan peta konsep kimia.
  7. Menyusun modul ekperimen dengan memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan laboratorium.
  8. Menelusuri dan menyeleksi informasi dengan menggunakan teknologi informasi.
  9. Mengkompilasi dan mengevaluasi informasi kimia yang diperoleh.
  10. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara lisan di berbagai forum.
  11. Mengkomunikasikan informasi ilmiah secara visual.
  12. Menerapkan kaidah etika yang berlaku dalam kegiatan keilmuan.
  13. Mengedukasi masyarakat tentang kimia secara bertanggung jawab dan beretika.
  1. Implement chemical concepts to solve chemistry problems.
  2. Identify issues in chemistry teaching.
  3. Solve chemistry teaching problems by integrating basic chemistry concepts.
  4. Design concept maps for chemistry teaching materials.
  5. Prepare chemistry teaching materials.
  6. Design experiment materials according to chemistry concept maps.
  7. Prepare experiment modules with attention to laboratory safety and security aspects
  8. Trace and select information using information technology.
  9. Compile and evaluate obtained chemical information.
  10. Communicate scientific information verbally in various forums.
  11. Communicate scientific information visually.
  12. Apply ethical principles in scientific activities.
  13. Educate the public about chemistry responsibly and ethically.
Metode PembelajaranDiskusi interaktif.Interactive discussion.
Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron Daring, SinkronOffline, Synchronous Online, Synchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianMahasiswa yang telah menyusun proposal sesuai aturan dan melaporkan hasil penelitian pendahuluan secara tepat waktu layak mendapat nilai A. Untuk mahasiswa yang melaporkan tidak tepat waktu disarankan mendapat nilai AB dan jika hanya melaporkan proposal saja mendapat nilai sekurang-kurangnya B.Students who have prepared their proposals according to the rules and reported preliminary research results on time are eligible to receive an A. For students who report late, it is recommended that they receive an AB, and those who only submit the proposal should receive at least a B.
Catatan Tambahan