Kode Mata KuliahDS5012 / 3 SKS
Penyelenggara271 - Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKampanye SosialSocial Campaign
Bahan Kajian
  1. Literasi kampanya sosial sebagai wahana pesan sosial dan budaya
  2. Strategi, konsep, khalayak sasaran dan media kampanye sosial
  3. Investigasi persoalan sosial dari perspektif keilmuan komunikasi persuasif.
  4. Proposal proyek perncangan kampanye sosial
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Menguasai pengetahuan tentang milestones, teori, prinsip desain media kampanye sosial.
    2. Memahami pesan media kampanye sosial dan relasinya sengan berbagai persoalan sosial dan budaya di Indonesia.
    3. Mampu mengungkap data secara metodologis sebagai modalitas menyusun program kampanye sosial.
    4. Mampu menganalisis data secara metodologis sebagai modalitas menyusun program kampanye sosial.
    5. Mampu memilih metode dan strategi proyek perancangan media kampanye sosial.
    6. Mampu menyusun proposal proyek perancangan media kampanye sosial secara meyakinkan.
      Metode PembelajaranCeramah/Kuliah Dosen Tamu Diskusi Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranBauran/Hybrid Luring (Offline): Kuliah tatap muka, diskusi dan presentasi. Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning.
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted 20% Tugas individual berupa review literatur terkait teori persuasi media kampanye sosial 30% UTS berupa proposal penelitian 40% UAS berupa simulasi penelitian pendahuluan & diseminasi artikel ilmiah 10% Kehadiran dan Keaktifan
      Catatan TambahanKomponen Penilaian: Tugas Individu UTS UAS Kehadiran