Kode Mata Kuliah | KI4161 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 105 - Chemistry / FMIPA |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknik dan Analisis Biomolekul | Technique and Analysis of Biomolecules |
---|
Bahan Kajian | - Struktur biomolekul (DNA dan Protein)
- Visualisasi dan Analisis Struktur Biomolekul
- Analisis urutan
- Penyejajaran urutan DNA
- Multiple sequence alignment dan pohon filogenetik
- Desain primer untuk Polymerase Chain Reaction
- In silico cloning
- Analisis hasil sequencing
- Biostatistik
- Biokatalisis
- Interaksi protein-ligan
- Prediksi struktur 3D protein
- Penyejajaran struktur protein
| - Biomolecular Structure (DNA and Protein)
- Biomolecule Structure Visualization and Analysis
- Sequence analysis
- DNA sequence alignment
- Multiple sequence alignment and phylogenetic trees
- Primer design for Polymerase Chain Reaction
- In silico cloning
- Analysis of sequencing results
- Biostatistics
- Biocatalysis
- Protein-ligand interactions
- Protein 3D structure prediction
- Alignment of protein structures
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa memahami struktur dan fungsi dari biomolekul serta interaksi yang terjadi sehingga biomolekul membentuk konformasi tertentu
- Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk analisis struktur DNA dan protein
- Mahasiswa mampu memanfaatkan basis data urutan nukleotida dan protein untuk pencarian informasi
- Mahasiswa mampu memahami prinsip sequence alignment dan dapat menggunakan program untuk melakukan sequence alignment
- Mahasiswa mampu melakukan perbandingan struktur dan mengkonstruksi pohon filogenetik berbasiskan kemiripan urutan dan struktur protein
- Mahasiswa mampu merancang primer untuk memperbanyak gen yang diinginkan dengan metode PCR
- Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk mensimulasi cloning (in silico cloning) dengan tujuan mengonstruksi plasmid rekombinan untuk ekspresi gen di E. coli.
- Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk menganalisis hasil penentuan urutan nukleotida
- Mahasiswa mampu membuat program untuk analisis statistika data hasil penelitian
- Mahasiswa mampu membuat program untuk analisis numerik kinetika enzim, dan mempelajari efek temperatur dan pH.
- Mahasiswa mampu menggunakan perangkat lunak untuk mempelajari interaksi protein-ligand
- Mahasiswa memahami prinsip prediksi dan dapat memilih metode yang tepat untuk prediksi struktur 3D protein
- Mahasiswa mampu melakukan asesmen terhadap kualitas struktur 3D protein hasil prediksi dan Mahasiswa dapat melakukan perbandingan struktur dan mengkonstruksi pohon filogenetik berbasiskan kemiripan urutan dan struktur protein
| - Students understand the structure and function of biomolecules as well as the interactions that occur so that biomolecules form certain conformations
- Students are able to use software for DNA and protein structure analysis
- Students are able to utilize nucleotide and protein sequence databases for information retrieval
- Students are able to understand the principles of sequence alignment and can use programs to perform sequence alignment
- Students are able to carry out structural comparisons and construct phylogenetic trees based on similarities in protein sequences and structures
- Students are able to design primers to reproduce the desired gene using the PCR method
- Students are able to use software to simulate cloning (in silico cloning) with the aim of constructing recombinant plasmids for gene expression in E. coli.
- Students are able to use software to analyze the results of determining the nucleotide sequence
- Students are able to create programs for statistical analysis of research data
- Students are able to create programs for numerical analysis of enzyme kinetics, and study the effects of temperature and pH.
- Students are able to use software to study protein-ligand interactions
- Students understand the principles of prediction and can choose the right method for predicting the 3D structure of proteins
- Students are able to assess the quality of predicted 3D protein structures and students can carry out structure comparisons and construct phylogenetic trees based on similarity of protein sequences and structures.
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, studi kasus, kerja kelompok, diskusi kelompok | Lectures, case studies, group work, group discussions |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, sinkronous dan asinkronous. | Visual, synchronous and asynchronous. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian, Tugas | Exams, Assignments |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|