Kode Mata KuliahSA6073 / 2 SKS
Penyelenggara258 - Water Resources Management / FTSL
KategoriInternship
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahStudi Independen Rekayasa SungaiIndependent Study in River Engineering
Bahan Kajian
  1. Konservasi SDA
  2. Sistem informasi SDA
  3. Daya rusak air
  4. Risiko
  5. Optimasi
  6. Berpikir kritis, penyelesaian masalah, pengambilan keputusan
  7. Pembelajaran sepanjang hayat
  8. Sikap profesional dan tanggung jawab etik
  9. Kebijakan Publik
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Menerapkan ilmu pengetahuan dalam memahami dan memecahkan masalah terkait sumber daya air
    2. Menerapkan prinsip-prinsip rekayasa dalam menyelesaikan permasalahan sumber daya air
    3. Mendeskripsikan beberapa metodologi untuk mendapatkan / memperoleh data
    4. Menganalisis data hasil eksperimen dalam mengidentifikasi dan memahami permasalahan sumber daya air.
    5. Menginterpretasikan data eksperimen dalam memberikan solusi yang tepat terkait permasalahan sumber daya air.
    6. Menentukan teknik dan alat yang relevan dalam melakukan tugas yang spesifik terkait permasalahan sumber daya air
    7. Menggunakan peralatan modern dalam pengembangan model matematika, pengukuran data dan analisisnya
    8. Kemampuan untuk memilih sistem atau komponen sumber daya air yang kreatif dan inovatif.
    9. Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam setiap keputusan rekayasa sumber daya air.
    10. Menerapkan etika dan standar profesional dalam memperoleh, melaporkan dan menganalisis data.
    11. Mengidentifikasi konteks sosial, ekonomi, lingkungan, dan global dalam permasalahan sumber daya air
    12. Mempertimbangkan masalah sosial, ekonomi, lingkungan dan global dalam solusi permasalahan sumber daya air
    13. Mengorganisasi dan menyintesiskan kenyataan, formulasi, dan teori dari isu-isu terkini dalam satu pemahaman yang komprehensif
    14. Menggunakan perpustakaan daring dalam melakukan kegiatan riset
    15. Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran sepanjang hayat untuk terus mengembangkan keahlian dalam bidang sumber daya air.
    16. Membuat presentasi yang informatif dan menarik secara visual
    17. Menggunakan bahasa dan tata bahasa yang baik termasuk penggunaan persamaan matematika dan ilustrasinya
    18. Melakukan argumentasi yang persuasif, masuk akal, dan didukung oleh bukti untuk mendukung suatu pernyataan atau tesis
    19. Mampu untuk mengelola pekerjaan dan proyek sumber daya air dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan.
    20. Mengintegrasikan elemen pengelolaan konstruksi dalam proyek-proyek sumber daya air
    21. Mengelola aset yang terkait dengan sumber daya air secara efisien.
    22. Menganalisis kebijakan dan kelembagaan pengelolaan sumber daya air berdasarkan analisis yang komprehensif
      Metode PembelajaranKombinasi pembelajaran kolaboratif Diskusi kelompok Analisis studi kasus Pembelajaran berbasis proyek
      Modalitas PembelajaranLuring / Sinkron / Kelompok / Mandiri
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianLaporan 40% Kegiatan Lapangan 30% Presentasi 30%
      Catatan Tambahan