Kode Mata KuliahDS5019 / 3 SKS
Penyelenggara271 - Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKajian Usabilitas dan Pengalaman PenggunaUsability and User Experience Research
Bahan Kajian
  1. Paradigma Interaksi Pengguna-Obyek Digital
  2. Psikologi Interaksi: Atensi-Memori, Afeksi-Emosi, Kognisi-Persuasi
  3. Prinsip Usabilitas dan Pengalaman Pengguna (UX)
  4. Dasar-dasar Evaluasi dan Pengujian-Usabilitas dan Pengalaman Pengguna (UX)
  5. Metode Identifikasi Pengguna (berbasis Studi Lapangan)
  6. Metode Identifikasi Pengguna (berbasis Laboratorium)
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa dapat melaksanakan pengujian usabilitas dan/atau pengukuran UX evaluasi atas obyek digital
    2. Mahasiswa dapat menyampaikan gagasan, pemikiran, dan/atau temuan hasil pengujian/evaluasi secara sistematis
      Metode Pembelajaran20% Pembelajaran kelas (classroom) dan 80% Pembelajaran Kontekstual (contextual learning) berbasis kasus (case-method)
      Modalitas Pembelajaran50% luring dan 50% bauran/hybrid
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianWeighted
      Catatan TambahanKomponen Penilaian: Kehadiran 5% Partisipasi 5% Tugas (4 buah, @12,5%) 50% Ujian Tengah Semester 20% Ujian Akhir Semester 20%