Kode Mata Kuliah | DS5035 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 271 - Design / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Fisiologi Desain | Design Physiology |
---|
Bahan Kajian | - Daya adaptasi manusia dalam lingkungan desain
- Kenyamanan fisiologi manusia, performa kerja, dan interaksinya dengan desain.
- Pengukuran, pengolahan data dan interpretasi respon manusia mencakup evaluasi respon kardiak, otot, termoregulasi, gelombang otak, dan lain sebagainya.
- Desiminasi dan penerapan hasil evaluasi fisiologi dalam pengambilan keputusan desain.
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mencari dan memahami berbagai teori fisiologi, metode pengukuran, dan respon tubuh saat berinteraksi dengan desain / lingkungan buatan.
- Mampu melakukan evaluasi respon fisiologis dengan menggunakan berbagai alat ukur sesuai dengan kebutuhan yang relevan dengan penelitian desain yang dilakukan.
- Mampu melakukan pengolahan data dan penyajian data yang terstruktur
- Mampu menginterpretasi dan mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan desain
- Mampu mengidentifikasi permasalahan antara daya adaptasi manusia dengan stimuli desain
- Mampu memanfaatkan pengetahuan lintas disiplin yang relevan dalam riset/proyek desain terkait respon fisiologis manusia
- Mampu menjelaskan mekanisme fisiologi yang melandasi performa manusia saat berinteraksi dengan desain
- Mampu menyampaikan rumusan data respon fisiologi secara lisan maupun tulisan sebagai acuan dalam pertimbangan desain
- Mampu berpikir logis, kritis dalam menganalisis data atau informasi untuk menarik kesimpulan
- Memahami konsekuensi desain secara kritis terkait pengaruh desain terhadap respon fisiologi pengguna desain.
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/Kuliah Dosen Tamu
Collaborative Learning
Team-Based Project | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik
Modalitas pembelajaran menggunakan Tatap Muka (Luring) dimana pembelajaran terjadi secara langsung di dalam kelas, dosen/dosen tamu dan mahasiswa berinteraksi secara fisik di kelas maupaun laboratorium, untuk memudahkan komunikasi dua arah antara pendidik dan peserta didik. Materi yang disampaikan di kelas merupakan penjelasan mendalam dari materi yang diberikan secara online. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Rubrik | |
---|
Catatan Tambahan | Komponen Penilaian:
(1) Presensi/Kehadiran ……………………….. 10%
(2) Ujian Tengah Semester ………………….. 20%
(3) Ujian Akhir Semester ……………………… 30%
(4) Tugas (kelompok, 2 buah @20%)…….. 40% | |
---|