| Kode Mata Kuliah | KL3201 / 3 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 155 - Ocean Engineering / FTSL | 
|---|
| Kategori | Lecture | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Metode Eksperimen Laboratorium | Laboratory Experimental Methods | 
|---|
| Bahan Kajian | Pengenalan Model FisikAnalisis Dimensi dan PenskalaanModel Fisik HidrodinamikaAlat-alat LaboratoriumModel Fisik 2D dan 3DModel Sedimen
 | Introduction to Physical ModelsDimensional Analysis and ScalingHydrodynamic Physical ModelsLaboratory Instruments2D and 3D Physical ModelsSediment Models
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | Mampu mengembangkan dan melakukan eksperimen berdasarkan analisis dimensi dan prinsip-prinsip perumpamaan serta mengkomunikasikan kesimpulannya secara efektif dalam laporan dan presentasi.Mampu melakukan eksperimen berdasarkan teori bangkitan gelombang, menganalisis dan menginterpretasikan datanya, dan/ataumengkomunikasikan kesimpulannya secara efektif dalam laporan dan presentasi.Mampu untuk menerapkan hasil analisis model fisik sebagai penilaian rekayasa untuk menghasilkan solusi di rekayasa pantai / lepas pantai dengan mempertimbangkan segala aspek kelebihan dan kekuranga dari setiap model tersebut (distorsi skala, keterbatasan dan ketersediaan bahan dll).
 | Capable of developing and conducting experiments based on dimensional analysis and similarity principles and effectively communicating the conclusions in reports and presentations.Capable of conducting experiments based on wave generation theory, analyzing and interpreting the data, and/or effectively communicating the conclusions in reports and presentations.Capable of applying the results of physical model analysis as an engineering assessment to produce solutions in coastal/offshore engineering by considering all aspects of the advantages and disadvantages of each model (scale distortion, material limitations, and availability, etc.).
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Kuliah | Lecture | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Segi penyerapan: visual dan auditorial
Segi pelaksanaan: sinkronus | In terms of absorption: visual and auditory
In terms of implementation: synchronous | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | Tugas, Kuis, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir, Praktikum, dan Diskusi Kelas. | Assignments, Quizzes, Midterm Exam, Final Exam, Practicum, and Class Discussions. | 
|---|
| Catatan Tambahan |  |  | 
|---|