Kode Mata KuliahDK2204 / 3 SKS
Penyelenggara174 - Visual Communication Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenceritaan Berbasis VisualApplied Illustration
Bahan Kajian
  1. Pengantar penceritaan berbasis visual dan media berbasis waktu
  2. Tata ungkap dan Gramatika Visual dalam Visual Storytelling
  3. Menyusun narasi berbasis visual tanpa teks
  4. Prinsip dasar visual storytelling
  5. Storyboard dan Proses Storyboarding untuk linear storytelling
  6. Menyusun narasi berbasis visual dengan konteks tertentu
  1. Introduction to visual storytelling and time-based media
  2. Expression and Visual Grammar in Visual Storytelling
  3. Creating a visual-based narrative without text
  4. Basic principles of visual storytelling
  5. Storyboard and Storyboarding Process for linear storytelling
  6. Creating a visual-based narrative with a specific context
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. 1. Mampu memahami pengetahuan dan wawasan umum tentang ilustrasi untuk komunikasi naratif yang mencakup: definisi, fungsi dan aplikasi, pertimbangan target sasaran/audiens serta pemilihan media sesuai konteks kebutuhan ilustrasi.
  2. 2. Mampu memahami pengetahuan dan wawasan umum tentang ilustrasi informasi, ilustrasi persuasi, ilustrasi editorial dan ilustrasi naratif.
  3. 3. Mampu memanfaatkan media dan teknologi berkembang seperti digital media dan mix media dalam perancangan ilustrasi.
  4. 4. Mampu mengimplementasikan unsur lokal, tradisi dan budaya dalam karya ilustrasi sesuai dengan konteks.
  5. 5. Mampu menampilkan hasil karya ilustrasi dalam satu wujud presentasi yang lengkap sebagai suatu portofolio karya.
  6. 6. Mampu menerapkan prinsip dasar perancangan ilustrasi dalam menyampaikan pesan kepada target sasaran yang dituju.
  7. 7. Mampu menganalisis data riset empirik terkait media, topik permasalahan dan khalayak sasaran sebagai dasar perancangan dalam wujud ilustrasi.
  1. 1. Able to understand general knowledge and insights about illustration for narrative communication, including: definitions, functions and applications, target audience considerations, and media selection according to the context of illustration needs.
  2. 2. Able to understand general knowledge and insights about informational illustration, persuasive illustration, editorial illustration, and narrative illustration.
  3. 3. Able to utilize evolving media and technology such as digital media and mixed media in illustration design.
  4. 4. Able to implement local elements, traditions, and culture in illustration works according to context.
  5. 5. Able to present illustration works in a complete presentation as a portfolio of works.
  6. 6. Able to apply basic principles of illustration design in conveying messages to the intended target audience.
  7. 7. Able to analyze empirical research data related to media, issues, and target audiences as a basis for design in the form of illustrations.
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Tamu Diskusi Studi Kasus
Modalitas Pembelajaranhybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS:10% , UAS:10% , Tugas Praktika:75% , Keaktifan: 5%
Catatan Tambahan