Kode Mata KuliahDK3062 / 3 SKS
Penyelenggara174 - Visual Communication Design / FSRD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Antarmuka dan Interaktivitas DigitalInterface Design and Digital Interactivity
Bahan Kajian
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. 1. Mampu memahami teori dan wawasan terkait desain antarmuka serta hubungannya dengan prinsip interaktivitas dan pengalaman pengguna di ranah media digital.
  2. 2. Mampu memahami prinsip dan metode tekait riset pengguna yang digunakan dalam proses pra-produksi maupun proses evaluasi (post-produksi).
  3. 3. Mampu memanfaatkan media dan teknologi termasuk kecerdasaan buatan dalam proses riset pengguna, perancangan desain antarmuka dan interaktivitas serta evaluasi perancangan media digital.
  4. 4. Mampu merepresentasikan gagasan dan perancangan desain antarmuka dan interaktivitas media digital dalam bentuk purwarupa sederhana.
  5. 5. Mampu menyampaikan pesan dan menyelesaikan masalah pengguna melalui perancangan desain antarmuka dan interaktivitas pada media digital.
  6. 6. Mampu mendemontrasikan kepemimpinan, dan kemampuan kolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan melalui perancangan desain antarmuka dan interaktivitas pada media digital.
  7. 7. Mampu menganalisis data riset empirik dan big data terkait kebutuhan pengguna dan kebutuhan desain.
  8. 8. Mampu mengevaluasi desain antarmuka dan interaktivitas dalam media digital secara empirik.
  1. 1. Able to understand theories and insights related to interface design and its relationship with interactivity principles and user experience in the realm of digital media.
  2. 2. Able to understand principles and methods related to user research used in both pre-production and evaluation (post-production) processes.
  3. 3. Able to utilize media and technology, including artificial intelligence, in user research, interface design, interactivity design, and evaluation of digital media design.
  4. 4. Able to represent ideas and design for digital media interfaces and interactivity in the form of simple prototypes.
  5. 5. Able to communicate messages and address user problems through interface and interactivity design in digital media.
  6. 6. Able to demonstrate leadership and collaboration skills in solving problems through interface and interactivity design in digital media.
  7. 7. Able to analyze empirical research data and big data related to user needs and design requirements.
  8. 8. Able to empirically evaluate interface and interactivity design in digital media.
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Tamu Diskusi Studi Kasus
Modalitas Pembelajaranhybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS:10% , UAS:10% , Tugas Praktika:75% , Keaktifan: 5%
Catatan Tambahan