Kode Mata KuliahMS5030 / 4 SKS
Penyelenggara231 - Mechanical Engineering / FTMD
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEnergi BerkelanjutanSustainable Energy
Bahan Kajian
  1. Kondisi Komposisi Sumber dan Konsumsi Energi Global
  2. Konsep dan Efek Penggunaan Energi dan Perubahan Iklim
  3. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi Surya
  4. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi angin
  5. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi Laut
  6. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi Panas Bumi
  7. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi Biomassa
  8. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konversi Energi Bahan Bakar Nabati
  9. Konsep dan Karakteristik Teknologi Konservasi Energi
  1. The Condition of Global Energy Sources Composition and Consumption
  2. Concepts and Effects of Energy Use and Climate Change
  3. Concept and Characteristics of Solar Energy Conversion Technology
  4. Concept and Characteristics of Wind Energy Conversion Technology
  5. Concept and Characteristics of Marine Energy Conversion Technology
  6. Concept and Characteristics of Geothermal Energy Conversion Technology
  7. Concept and Characteristics of Biomass Energy Conversion Technology
  8. Concept and Characteristics of Biofuel Energy Conversion Technology
  9. Concept and Characteristics of Energy Conservation Technology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu melakukan perancangan dan/atau analisis suatu jenis teknologi energi berkelanjutan
  2. Mahasiswa mampu bekerja dalam tim dalam melakukan perancangan dan/atau analisis suatu jenis teknologi energi berkelanjutan.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah penggunaan energi di dunia serta memprediksi skenario penggunaan energi dunia di masa yang akan datang.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan dampak penggunaan energi terhadap pemanasan global dan perubahan iklim.
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan sumber dan teknologi energi berkelanjutan
  1. Students are able to design and/or analyze a type of sustainable energy technology
  2. Students are able to work in teams in designing and/or analyzing a type of sustainable energy technology.
  3. Students are able to explain the history of energy use in the world and predict scenarios for world energy use in the future.
  4. Students are able to explain the impact of energy use on global warming and climate change.
  5. Students are able to explain sustainable energy sources and technologies
Metode PembelajaranKuliah dalam kelas. Proyek tugas kelompok dan presentasi. Kunjungan industri.
Modalitas PembelajaranLuring, asinkron dan belajar mandiri.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester. Ujian Akhir Semester. Pekerjaan Rumah. Quiz. Tugas Kelompok.
Catatan Tambahan