Kode Mata Kuliah | BI4201 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 106 - Biology / SITH |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Toksikologi Dasar | Fundamental Toxicology |
---|
Bahan Kajian | - Pengantar Toksikologi
- Toksikokinetik
- Toksikokinetik
- Penilaian Risiko
- Toksikologi Lingkungan
- Toksikologi Regulasi
- Toksikologi dan Kesehatan Masyarakat
- Studi Kasus dalam Toksikologi, Tantangan Regulasi, dan Isu-isu yang muncul
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Pemahaman Konsep Teoritis: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan teori biologi terkait fokus studinya dengan detail dan akurat. (CPL 01)
- Kemampuan mendiskripsikan masalah toksikologi yang dihadapi dalam konteksnya dan dapat mengidentifikasi variable-variabel yang terlibat dalam masalah toksikologi. (CPL 03)
- Mengaplikasikan konsep matematika dalam analisis data toksikologi, seperti grafik dan perhitungan statistik, serta mengintegrasikan ilmu dasar lainnya (kimia dan fisika) untuk memahami fenomena toksikologi secara holistik. (CPL 03)
- Kemampuan mengevaluasi efektivitas solusi yang diusulkan terhadap masalah toksikologi dan dapat merekomendasikan langkah-langkah perbaikan berdasarkan hasil evaluasi. (CPL 03)
- Kemampuan Komunikasi Lisan: Mahasiswa mampu menyampaikan ide dan informasi dengan jelas dan efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi dan diskusi dengan menggunakan alat bantu visual dan teknologi presentasi secara efektif. (CPL 07)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Bersifat terstruktur dan terfasilitasi (Web Enhanced). Pembelajaran berbasis teknologi jejaring, digunakan untuk memperkuat fasilitasi pembelajaran tatap muka. Contoh: penggunaan webpage untuk meletakkan RPS, materi, dan tugas.
Bersifat mandiri, terstruktur, dan bauran (Blend). Kombinasi pembelajaran daring dan tatap muka. Proporsi penyampaian materi dan proses pembelajaran termasuk asesmen dilaksanakan secara daring dan tatap muka secara sistematis berorientasi pada capaian pembelajaran. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Menggabungkan berbagai moda penyerapan:
1. Visual melalui penyediaan slide dengan visualisasi, gambar, diagram, dsb.
2. Auditorial melalui penyampaian materi, tanya jawab, dan diskusi
3. Kinestetik melalui partisipasi aktif di dalam kelas berupa presentasi dan diskusi | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Dilakukan secara terpadu untuk menilai:
1. Aspek pengetahuan melalui tes tulis berupa kuis, UTS, UAS, dan tugas mandiri/kelompok.
2. Aspek keterampilan melalui presentasi (rubrik)
3. Aspek sikap melalui keaktifan, kejujuran/plagiarisme, dan kreativitas | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|